Review Sound OPPO Enco Buds, Galak di Lamb of God dan Renyah di BTS

Senin, 14 Juni 2021 - 08:05 WIB
loading...
Review Sound OPPO Enco Buds, Galak di Lamb of God dan Renyah di BTS
Sepintas, OPPO Enco Buds memiliki desain mirip OPPO Enco W11. Foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Mulanya sempat pesimistis, tapi ternyata OPPO Enco Buds memiliki suara yang terbilang cukup prima dan dinamis. Seperti apa?

OPPO Enco Buds dibanderol Rp600 ribu. Memang banyak true wireless stereo (TWS) yang lebih murah. Banyak juga yang memiliki fitur lebih lengkap dengan harga di atas Rp1 juta. Tapi, OPPO Enco Buds bisa dibilang ada di posisi yang pas.



Meski tidak memiliki Active Noise Cancelling (ANC) untuk mengisolasi suara dari luar, ternyata suara OPPO Enco Buds bisa jadi salah satu daya tarik utama perangkat ini.
Pengujian pertama Sindonews adalah lagu pop modern dari band Inggris Coldplay dengan lagu Higher Power yang baru saja dirilis.

Review Sound OPPO Enco Buds, Galak di Lamb of God dan Renyah di BTS

Suara terendah di lagu ini memang cukup dalam. Yakni ada di frekuensi 80 Hz-120 Hz. Ternyata, driver dari OPPO Enco Buds mampu menterjemahkan suara tersebut dengan apik. Terutama sub atau bass yang terasa cukup bulat.

OPPO Enco Buds memang memiliki driver dinamis berdiameter 8 mm yang cukup besar di kelasnya. OPPO sendiri juga Pede menyebut TWS ini memiliki suara HD dengan kekuatan di bass.

Hal lain yang disadari adalah staging (arah suara) yang sangat impresif. Terasa sekali semuanya tepat. Vokalnya terasa di tengah. Sementara instrumen lain menyelimputi keseluruhan aransemen lagu dengan baik. Snare drum juga terdengar renyah dan pas. Frekuensi mid hingga mid-high adalah suara terbaik.

Review Sound OPPO Enco Buds, Galak di Lamb of God dan Renyah di BTS

OPPO Enco Buds cocok sekali digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu rock dan metal. Foto-foto: Sindonews/danang arradian

Karena penasaran, Sindonews mencoba lagu Lamb of God bertajuk Memento Mori. Rasa penasaran ini muncul karena Coldplay bisa menterjemahkan semua frekuensi di setiap instrument lagu.

Tapi, apakah TWS ini bisa menghasilkan suara yang produksinya dibikin dengan sedikit harmoni?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3957 seconds (0.1#10.140)