Dari Cash on Delivery jadi Cash On Duel, Mengapa COD Bermasalah?

Senin, 07 Juni 2021 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Bagaimana jika pengguna sudah membuka paket/kiriman barang dan ternyata mendapati barang yang dibeli tidak sesuai dan ingin mengembalikan barang tersebut?

Menurut aturan Tokopedia, solusinya sangat mudah. Mereka tetap melakukan pembayaran kepada mitra kurir. Sebab, kurir hanya bertugas mengantar barangnya saja.
Selanjutnya, pengguna mengajukan komplain pengembalian barang atau retur kepada penjual melalui Pusat Resolusi yang tersedia 24/7.

Seringnya hal ini yang tidak dipahami pembeli. Mereka menolak membayar ketika mendapati barang yang dibeli tidak sesuai dan menyalahkan ke kurir.

Ada kurir yang tidak bisa menjelaskan dengan baik ke pembeli sehingga mereka tidak paham. Ada pula pembeli yang tetap tidak mengerti setelah dijelaskan bahwa transaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual, bukan pembeli dan kurir.

”Dari sisi marketplace, pembeli bisa memastikan reputasi toko penjual, deskripsi dan ulasan produk dari pembeli. Kami juga menyarankan masyarakat untuk tidak melanjutkan komunikasi dan transaksi di luar platform Tokopedia. Dan terakhir, merekam video ketika membuka paket,” beber Ekhel.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3459 seconds (0.1#10.140)