Selain Belanja, Selama Ramadhan Kemarin Warganet Juga Aktif Beli Emas Online

Sabtu, 15 Mei 2021 - 15:55 WIB
loading...
Selain Belanja, Selama Ramadhan Kemarin Warganet Juga Aktif Beli Emas Online
Blibli mencatat kenaikan dua kali lipat dalam investasi emas selama Ramadhan. Foto: dok Blibli
A A A
JAKARTA - Kategori produk harian, busana muslim, gadget hingga investasi tumbuh signifikan hingga dua kali lipat dibanding hari biasa selama Ramadhan.

VP Business Development Blibli Cindy Kalensang mengatakan, pandemi yang masih berlangsung mendorong masyarakat, baik di dalam maupun di luar Ibukota, semakin memaksimalkan e-commerce.


Pemanfaatan platform digital untuk memenuhi kebutuhan di berbagai momen penting seperti Ramadhan mulai terjadi secara menyeluruh. Hal ini tergambar dari beberapa wilayah yang mengalami pertumbuhan order paling tinggi, menjangkau Sabang hingga Merauke Indonesia.

Wilayah tersebut antara lain Simeulue di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sidenreng Rappang/Rapang di provinsi Sulawesi Selatan, Yahukimo di Papua, Katingan di provinsi Kalimantan Tengah, hingga Kerinci di provinsi Jambi.

Di platform Blibli, Cindy menyebut terjadi peningkatan order untuk sejumlah kategori, seperti produk groceries, teknologi, kesehatan dan kecantikan, fashion muslim, hingga investasi emas dan logam mulia selama Ramadhan 2021 silam.

Cindy menyebut, Blibli mencatat order produk kategori Fashion Muslim meningkat hingga 5 kali lipat dibanding hari biasa. Baju koko menjadi salah satu produk yang paling digemari, karena mudah dipadukan dengan outfit lainnya secara kreatif di momen Hari Raya.

Menariknya, kesadaran keuangan masyarakat ikut terlihat selama program #HikmahRamadhan, di mana Blibli mencatat permintaan produk investasi di kategori Logam Mulia dan Perhiasan Emas meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa.

”Emas adalah salah satu investasi perhiasan yang dianjurkan bagi umat Muslim menjadi barang favorit selama Ramadhan,” beber Cindy.

Kategori Kesehatan dan Kecantikan serta kategori BlibliMart yang berisi kebutuhan groceries ikut tumbuh 2 kali lipat dibanding harian. Produk sirup, madu, minuman bersoda, serta biskuit dan snack sebagai santapan tepat saat berbuka puasa juga mengalami pertumbuhan permintaan tinggi.

Selain kebutuhan keseharian, banyak pelanggan yang memanfaatkan momentum Ramadhan untuk membeli barang penunjang olahraga dari kategori Handphone, Tablet & Wearable Gadget, sehingga kategori ini meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa.

Produk seperti smartwatch dan aksesoris wearable banyak dipesan oleh pelanggan untuk menemani mereka bersepeda ringan atau jogging saat ngabuburit.
Produk-produk smart home seperti robot vacuum dan air purifier juga menjadi alternatif, meski ditinggal asisten rumah tangga (ART).

“Performa produk dari berbagai kategori di Blibli ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital semakin menjadi hal yang inklusif bagi masyarakat,” ungkap Cindy.


Selama Ramadhan kemarin, ia juga menyebut bahwa Blibli memperkuat layanan bagi pelanggan dengan fitur pengiriman cepat, seperti 2 Hours Delivery, Instant, hingga Sameday, sebagai layanan fast delivery Blibli yang didukung oleh warehouse yang tersebar di 15 kota-kota besar di Indonesia dan kemitraan logistic partner.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4769 seconds (0.1#10.140)