Menkominfo: Please, Jangan Sebarkan Sertifikat Vaksin Covid-19!

Kamis, 18 Maret 2021 - 18:05 WIB
loading...
Menkominfo: Please, Jangan Sebarkan Sertifikat Vaksin Covid-19!
Menkominfo Johnny G. Plate menyebut bahwa sertifikasi vaksin Covid-19 bukan sesuatu yang harus dipamerkan di media sosial. Foto: dok Halodoc
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengimbau masyarakat yang sudah menjalani vaksin Covid-19 untuk melindungi data pribadi dengan tidak menyebarluaskan sertifikat digital dari aplikasi PeduliLindungi .



"Ingin saya sampaikan agar sertifikat Vaksinasi ini jangan diupload atau diunggah di media sosial,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (18/03).

Johnny menegaskan sertifikat digital hanya digunakan secara pribadi dan hanya untuk keperluan khusus, karena dalam sertifikat tersebut terdapat QR Code yang penting untuk tidak disebarkan.

Jika QR Code itu tersebar, bisa saja datanya disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Di dalam QR Code itu ada data pribadi, jadi sertifikat digital kita peroleh, tapi di saat bersamaan kita menjaga data pribadi kita, dengan cara tidak mengedarkannya untuk kepentingan yang tidak semestinya,” tutur Johnny.



Jadi perlu dicatat, sertifikat vaksinasi tersebut patut dijaga demi kepentingan diri sendiri.

"Sertifikat Vaksinasi yang ada data pribadinya hanya untuk kepentingan kita sendiri, dan kepentingan yang memang berurusan dengan sertifikat, misalnya untuk dokumen perjalanan dan sebagainya," pungkasnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4931 seconds (0.1#10.140)