Eropa Larang Perusahaan Gunakan Facial Recognition Secara Bebas

Sabtu, 30 Januari 2021 - 05:57 WIB
loading...
Eropa Larang Perusahaan Gunakan Facial Recognition Secara Bebas
Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi pengenalan wajah menjadi sangat populer dan membuat hidup lebih mudah. Tetapi dengan teknologi itu, privasi telah dilanggar. Foto/Ist
A A A
PARIS - Baru-baru ini, Komisi Eropa menyatakan perusahaan manapun tidak boleh menggunakan teknologi pengenalan wajah (facial recognition) untuk menilai karyawan.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi pengenalan wajah menjadi sangat populer dan membuat hidup lebih mudah. Tetapi dengan teknologi itu, privasi telah dilanggar.

Facial Recognition
Karena khawatir teknologi pengenalan wajah dapat melanggar privasi atau menyebabkan diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, Komisi Eropa akan mengajukan proposal terkait.

Giz China menuliskan, Komisi Eropa mengumumkan proposal hari ini. Proposal tersebut menyatakan perusahaan tidak dapat menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menganalisis emosi dan kepribadian. Selain itu, mereka tidak dapat menggunakannya sebagai dasar untuk merekrut dan memecat karyawan.

Perusahaan swasta juga perlu mendapatkan persetujuan eksplisit dari individu saat menggunakan data pengenalan wajah. Selain usulan tersebut, Komisi Eropa juga sedang menyusun aturan baru untuk mengatur kecerdasan buatan (AI). Itu harus mengumumkan proposal pada kuartal pertama tahun ini.

Sebelumnya, pada pertengahan Januari 2021, Uni Eropa tengah mempertimbangkan untuk melarang penggunaan teknologi pengenalan wajah di area publik selama lima tahun. Jadi badan tersebut punya waktu untuk mempelajari bagaimana mencegah teknologi ini disalahgunakan.

Namun, buku putih yang dirancang oleh pejabat UE mengklaim bahwa larangan ini memungkinkan pengecualian, seperti penggunaan teknologi ini untuk proyek keamanan serta penelitian dan pengembangan.

China Mendukung Pengenalan Wajah
Pada saat yang sama, Pemerintah China telah mulai meluncurkan pengenalan wajah di apotek di Shanghai untuk orang yang membeli obat tertentu. Cara kerjanya seperti ini, orang yang ingin membeli obat-obatan terkontrol harus memverifikasi identitasnya dengan memindai wajahnya.

Setuju, ini bisa menjadi salah satu metode paling efektif untuk mencegah calon penyalahguna mendapatkan obat tertentu yang dapat digunakan untuk memproduksi obat-obatan terlarang. Seperti yang Anda pahami, China adalah pendukung besar Facial Recognition. Jadi kami dapat menyatakan bahwa sementara Barat tetap berhati-hati, China terus merangkul teknologi.

Meskipun pengenalan wajah memberi kita banyak kenyamanan, itu juga menimbulkan masalah privasi. Misalnya, pada Juli tahun lalu, Biro Investigasi Federal (FBI) AS dan Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai (ICE) menggunakan foto biro kendali kendaraan negara bagian sebagai basis data pengenalan wajah dan menggunakan informasi ini untuk melacak tersangka, dan ini memicu masalah privasi. Baca juga: Rem Blong, Truk Kontainer Berisi Penuh Keramik Terguling Timpa Motor dan Mobil
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3370 seconds (0.1#10.140)