Catat! Ini Cara Tangkal dan Verifikasi Hoaks yang Beredar di Medsos

Selasa, 26 Januari 2021 - 19:19 WIB
loading...
Catat! Ini Cara Tangkal dan Verifikasi Hoaks yang Beredar di Medsos
Ilustrasi Hoax yang bersiliweran di jagat maya. FOTO/ IST
JAKARTA - Hoaks merupakan fenomena yang sudah ada dari dulu. Tapi di era digital ini, penyebarannya menjadi sangat masif. Hoaks biasanya disebar dengan memanfaatkan momentum. Bahkan, momentum bencana seperti pandemi Covid-19 juga dimanfaatkan.

Baca Juga: Begini Bunda, Cara Daftar BLT Rp17,4 Juta Sekeluarga

Hoaks terkait Covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga secara global dan menjalar di negara lain.

Contohnya negara maju seperti Inggris, pernah sampai ada puluhan tower 5G yang dibakar karena dipercaya tower tersebut sebagai penyebar virus corona.



Lalu di Amerika Serikat, ada penelitian yang menyebut mantan Presiden Donald Trump adalah salah satu penyebar misinformasi yang paling masif di negara itu.

Sayangnya, Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho, mengatakan Indonesia menjadi negara yang cukup masif terkait penyebaran hoaks Covid-19.

"Dari penelitian yang diambil dari berbagai negara dari Februari - April 2020, kita ranking 5 di dunia penyebaran hoaks, stigma, dan teori konspirasi," tutur pria yang biasa dipanggil Zack itu, saat konferensi pers secara virtual, Selasa (26/1/2021).
Catat! Ini Cara Tangkal dan Verifikasi Hoaks yang Beredar di Medsos

Mafindo mencatat dari Januari tahun lalu sampai hari ini, ada 858 hoaks terkait isu virus Corona. Sedangkan akhir-akhir ini hoaks yang muncul paling banyak terkait vaksinasi.



"Kami mencatat ada 83 hoaks yang terkait vaksin. Viralitasnya cukup tinggi, karena 40% di antaranya terkait isu keamanan dan kemanjuran," tambahnya.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE