Berikut Ini Perbedaan Utama Antara HarmonyOS, iOS, dan Android

Kamis, 14 Januari 2021 - 04:25 WIB
loading...
Berikut Ini Perbedaan Utama Antara HarmonyOS, iOS, dan Android
Dilansir dari laman Giz China, HarmonyOS (HongmengOS di China) untuk smartphone dianggap oleh banyak orang sebagai alternatif Android. Foto/Ist
A A A
SHENZHEN - Disingkirkan dari OS Android oleh Presiden AS, Donald Trump , tidak membuat Huawei patah arang. Mereka menjawab penderitaan itu dengan membangun sistem operasi (OS) alternatif, HarmonyOS .

Kini di industri smartphone ada tiga OS yang berkompetisi. Masing-masing OS Android, iOS, dan HarmonyOS. Lalu apa perbedaan di antara ketiganya? Baca juga: EMUI 11 Dirilis Global, Apa Saja Pengaruhnya untuk Ponsel Huawei?

Wang Chenglu, Presiden Divisi Perangkat Lunak Konsumen Huawei, akhirnya memutuskan untuk mengklarifikasi perbedaan utama antara HarmonyOS, iOS, dan Android.

Dilansir dari laman Giz China, HarmonyOS (HongmengOS di China) untuk smartphone dianggap oleh banyak orang sebagai alternatif Android. Sebelumnya, ada informasi di web bahwa rilis pertama HarmonyOS 2.0 untuk ponsel akan berbasis Android.

Wang Chenglu menjelaskan, HarmonyOS bukanlah salinan dari iOS dan Android. Jadi, sekarang dia telah menyediakan tabel (dalam bahasa Mandarin) yang menunjukkan perbedaan utama antarsistem operasi.

HarmonyOS
Platform perangkat keras: Selain ponsel, kini juga dapat dipasang di banyak perangkat IoT seperti TV, mobil, peralatan rumah pintar
Area Pertumbuhan: Perangkat IoT memiliki potensi besar
Keuntungan: Kemampuan open source, kefasihan, dan terdistribusi
Kekurangan: Sistem baru lahir dalam usia bertambah
Pengembangan Aplikasi: Pengembangan satu kali, kemampuan adaptasi multi-ujung

iOS:
Platform perangkat keras: Ponsel
Area pertumbuhan: terbatas
Keuntungan: Halus
Kekurangan: Tertutup
Perkembangan Aplikasi: Adaptasi individu

OS Android
Platform perangkat keras: Ponsel
Area pertumbuhan: terbatas
Keuntungan: Sumber terbuka
Kekurangan: Fragmentasi, gagap

HarmonyOS Bukan Salinan Android dan iOS
Sistem operasi Huawei HongmengOS untuk China dan HarmonyOS untuk dunia bukanlah salinan dari Android atau iOS. Salah satu manajer puncak Huawei, Wang Chenglu, Presiden Divisi Perangkat Lunak Konsumen Huawei, membicarakan hal ini dalam kata sambutannya kepada wartawan.

HarmonyOS untuk smartphone sedang dipertimbangkan sebagai alternatif untuk Android. Sebelumnya, ada informasi di jaringan bahwa rilis pertama HarmonyOS 2.0 untuk smartphone akan berbasis Android.

Menurut Wang Chenglu, perusahaan telah mengembangkan sistem operasi tersebut sejak Mei 2016. Dia juga mencatat bahwa HarmonyOS memberikan peluang “panorama” yang sangat luas untuk era masa depan “Internet of Things”. Sedangkan iOS misalnya dibuat khusus untuk smartphone.

Perusahaan telah menetapkan target 200 juta perangkat berbasis HarmonyOS pada tahun 2021. Dan berharap untuk hasil yang jauh lebih besar - 300-400 juta.

Perusahaan China tersebut sudah menguji HarmonyOS 2.0 pada smartphone oleh pengembang dan mitra terpilih. Huawei juga dikabarkan akan membagikan OS pengganti Android-nya dengan pembuat smartphone lainnya.

Huawei mungkin akan membagikan pengganti kepemilikannya untuk OS Android, sistem operasi HarmonyOS 2.0, dengan produsen smartphone lainnya.

Di sisi lain, Direktur Grup Bisnis Konsumen Huawei, Yu ChengDong, yang lebih dikenal di dunia sebagai Richard Yu, telah membicarakan hal ini.

Huawei dapat membantu produsen ponsel pintar China menggunakan sistem operasi dan layanan HarmonyOS yang telah berkinerja baik sebagai pengganti GMS.

Manajer puncak membuat pengumuman ini seandainya pabrikan China tidak dapat memperoleh lisensi untuk menggunakan Layanan Seluler Google (GMS) dan Google Play Store di ponsel cerdas mereka.

Huawei diketahui sudah menguji HarmonyOS 2.0 pada smartphone dengan pengembang dan mitra terpilih. Baca juga: Shalat Sunnah Rawatib dan Cara Mengerjakannya
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4024 seconds (0.1#10.140)