Jack Ma, Kamu Di Mana?

Selasa, 05 Januari 2021 - 12:33 WIB
loading...
Jack Ma, Kamu Di Mana?
Tidak ada yang tahu dimana keberadaan Jack Ma sejak akhir Oktober 2020, tepatnya setelah ia melayangkan kritik ke pemerintah China.
A A A
CHINA - Pendiri Alibaba Jack Ma dikenal doyan tampil. Kepribadiannya ramah, bicaranya ceplas-ceplos, senang berbicara di hadapan publik, juga membagikan ilmunya ke orang lain. Tak heran ketika 2 bulan ia menghilang, publik pun mencarinya.

(Baca juga : Tren Tingkat Kelahiran Anak di Dunia Menurun )

Apalagi, ini masih ada kaitannya dengan murkanya Presiden China Xi Jinping . Yang memerintahkan langsung untuk menggagalkan rencana IPO terbesar di dunia milik Ant Group, pemilik layanan Alipay, di bursa saham Hong Kong dan Shanghai.

BACA JUGA: Seru, Ternyata Ini Penyebab Seteru Jack Ma dengan Presiden China Xi Jinping...

Bukan hanya itu, Ant Group juga dihadang pengawasan ketat, termasuk dugaan monopoli dan anti trust yang saat ini masih menjalani proses. Spekulasi di pasar menyebut bahwa pemerintah China ingin membuat kerjaan internet Jack Ma menyusut.

Jack Ma, Kamu Di Mana?

Tak heran di ranah Twitter, misalnya, banyak cuitan yang menghubung-hubungkan hilangnya Jack Ma dikaitkan dengan kritik kerasnya terhadap pemerintah China. ”Taipan Jack Ma menghilang setelah mengkritik pemerintah China. Wow. Ini ibarat pemerintah Amerika menculik Jeff Bezos atau Mark Zuckerberg,” cuit penulis Matt Stoller.

(Baca juga : Studi Ungkap Resiko Tertular Covid-19 di Pesawat Tergolong Rendah )

Keterangan resmi terakhir dari juru bicara Alibaba, adalah ketika Jack Ma tidak hadir di acara pencari bakat miliknya, Africa’s Business Heroes. Seharusnya Ma akan menjadi bintang tamu di acara final yang berlangsung pada 14 November 2020, berbicara langsung di startup-startup muda Afrika yang inovatif.

”Terkait dengan kompetisi Africa's Business Heroes, Jack Ma tidak bisa hadir di acara final karena jadwal yang bentrok,”.

BACA JUGA: Jack Ma Berani Kritik Pemerintah China Karena Merasa Istimewa
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1654 seconds (11.252#12.26)