Boncos Rp155 Triliun, Jack Ma Bukan Lagi Terkaya di China

Senin, 04 Januari 2021 - 10:05 WIB
loading...
Boncos Rp155 Triliun, Jack Ma Bukan Lagi Terkaya di China
Jack Ma telah kehilangan USD11 miliar (Rp155 triliun) hanya dalam dua bulan.
A A A
CHINA - Seteru Jack Ma dengan Presiden China Xi Jinping berakibat batal pada bisnis taipan internet tersebut. Sebab, bukan hanya Ant Group gagal melantai di bursa saham. Tapi, saham Alibaba pun ikut merosot.

Bahkan, dalam 2 bulan terakhir kekayaan Jack Ma merosot sangat besar. Mencapai USD11 miliar atau Rp155 triliun.

Baca Juga: merosotnya kekayaan Jack Mamengkritik pemerintah China akan regulasi finansial yang ketat sehingga membuat perusahaan sulit berinovasi. Juga, menyebut bank-bank China beroperasi dengan mental “tukang gadai”.

Dampaknya, pemerintah China saat ini mengawasi ketat setiap langkah Ant Group, perusahaan Jack Ma yang gagal melantai di bursa saham. Para investor Alibaba maupun Ant Group pun saat ini ketar-ketir.

Bruce Pang, kepala penelitian makro dan strategi di China Renaissance Securities Hong Kong menyebut bahwa ada sinyal-sinyal bahwa pemerintah China akan semakin ketat mengawasi gerak-gerik raksasa teknologi di China. Terutama dengan pedoman regulasi anti-monopoli dan antritrust.

Selain menggagalkan IPO Ant Group milik Jack Ma, pemerintah China juga memberlakukan pembatasan tambahan pada sektor pinjaman konsumen, mengusulkan aturan baru untuk mengekang dominasi raksasa internet, serta mendenda Alibaba dan unit Tencent atas akuisisi yang dilakukan tahun lalu.

Pengawasan ketat pemerintah terhadap merger dan akuisisi dipercaya akan menimbulkan masalah di masa depan.
BACA JUGA: Sukses Xiaomi di 2020 Karena Mereka Dengarkan Keinginan Mi Fans Namun, Liu Cheng dari firma hukum King & Wood Mallesons di Beijing menyebut pengawasan negara sangat wajar dilakukan. ”Andai ada kesepakatan serupa di Amerika atau Eropa, misalnya saja besok Facebook bergabung dnegan Google, tentu negara harus bereaksi. Para perusahaan teknologi harus lebih memperhatikan kepatuhan,” beber Liu.

Boncos Rp155 Triliun, Jack Ma Bukan Lagi Terkaya di China

Kantor pusat Ant Group di Hangzhou, China.

Terlepas dari itu semua, banyak taipan internet baru lahir di China. Tepatnya, ada 21 taipan yang dilacak indeks Bloomberg memperoleh USD187 miliar pada 2020.

Menurut Liu Cheng, China kedepannya terus meningkatkan upaya antitrust dan mencegah ekspansi modal ke luar China dalam jumlah besar. Industri teknologi yang lebih diatur diharapkan bisa membantu mendorong konsumsi domestik dan menumbuhkan ekonomi pasca Covid-19 sementara seluruh dunia berjuang untuk mengatasi pandemi.

”Kami melihat langkah regulasi terbaru sebagai upaya berkelanjutan di jalur reformasi regulasi China. Agar keadilan pasar yang lebih baik tercapai, juga mendorong perkembangan yang sehat dari seluruh ekonomi,” ujar Liu Cheng.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3638 seconds (0.1#10.140)