Xiaomi Getol Gaungkan Strategi Smartphone X AIoT di 2020, Apa Sih Maksudnya?

Selasa, 22 Desember 2020 - 21:36 WIB
loading...
Xiaomi Getol Gaungkan Strategi Smartphone X AIoT di 2020, Apa Sih Maksudnya?
Xiaomi ingin menjadi penyedia ekosistem perangkat AIoT seperti wearables dan smart home yang dikontrol lewat smartphone pengguna.
JAKARTA - Awal 2020, CEO Xiaomi Lei Jun membuat dunia terkejut dengan strategi ini: menganggarkan Rp100 triliun untuk mengembangkan teknologi 5G dan artificial intelligence of things (AIoT) dalam lima tahun ke depan.

Lei Jun saat itu mengatakan, strategi AIoT akan membawa Xiaomi menjadi “raja dari era serbapintar”. Tapi, banyak juga yang bingung. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan AIoT? Apa hubungannya dengan smartphone? Dan yang terpenting, apa dampak yang dirasakan oleh konsumen?

AI + IoT = Masa Depan
Xiaomi Getol Gaungkan Strategi Smartphone X AIoT di 2020, Apa Sih Maksudnya?

Internet of Things adalah konsep komputasi ketika obyek/perangkat sehari-hari dapat terhubung ke internet dan mampu mengidentifikasi diri ke perangkat lain. Perangkat-perangkat itu dibenamkan sensor-sensor untuk menghimpun data, seperti suhu, tekanan, atau suara.

Ketika sistem IoT dilebur dengan Artificial Intelligence, maka kemampuannya jadi jauh lebih canggih. Misalnya penggunaan teknologi AI deep learning dan computer vision untuk “melihat” dan “mengenali” obyek sekitar seperti orang, kendaraan, hingga manusia.



BACA JUGA: Rekomendasi Ponsel dan Produk AIoT Xiaomi di Hari Ibu dan Tahun Baru

AI dan IoT teorinya akan memangkas banyak proses. Perusahaan yang menggunakan banyak sensor dan merekam banyak data setiap hari, akan cepat sekali mendapatkan analisis dari data-data tersebut untuk diubah menjadi business insights dan salah satu pedoman mengambil keputusan bisnis.

Perangkat IoT menggunakan internet untuk berkomunikasi, mengumpulkan data, dan bertukar informasi dengan perangkat-perangkat lainnya. Setiap hari, ada 1 miliar GB data yang dikumpulkan dari perangkat IoT di seluruh dunia.

Pada 2025, diperkirakan ada 42 miliar perangkat IoT yang terkoneksi secara global. dengan begitu besarnya volume data yang dihasilkan, maka peran AI akan jadi penting untuk melakukan analisis.

Strategi Efektif Selama Pandemi
Xiaomi Getol Gaungkan Strategi Smartphone X AIoT di 2020, Apa Sih Maksudnya?

Sejak di dirikan pada 2010, Xiaomi memang tidak hanya memproduksi smartphone. Tapi, juga memperluas bisnis ke kategori lain seperti smart TV, notebook, pembersih udara, bahkan drone. Wajar, jika kemudian strategi smartphone X AIoT menjadi relevan.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE