Akselerasi Integrasi Digital Kunci Pemulihan Ekonomi Pasca COVID

Sabtu, 12 Desember 2020 - 06:17 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Odo Manuhutu, Deputi Menteri Koordinator Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengatakan, kementerian menyambut baik forum yang diselenggarakan oleh Huawei Indonesia dan FCPI ini. Forum ini bermanfaat dalam memperkaya wawasan dan pengalaman penting tentang bagaimana negara-negara dengan latar belakang yang berbeda di kawasan ini menerapkan pendekatan berbeda pula dalam memanfaatkan penggunaan teknologi digital sebagai solusi untuk keluar dari krisis multidimensi.

"Di Indonesia, ada hikmah lain di balik awan pandemi. Saat ini, lebih dari 3,2 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) telah beralih ke digital dan melibatkan lebih dari 11,2 juta tenaga kerja. Seiring dengan tren yang makin mengarah ke budaya belanja daring, teknologi juga akan terus mendorong industri untuk bergabung dengan ekosistem digital guna menjangkau pasar konsumen yang lebih luas,” tutur Odo Manuhutu.

Sementara itu, Jay Chen, Vice President Huawei Asia Pasifik, meyakini, bahwa peningkatan pengetahuan, teknologi dan data, serta terwujudnya integrasi digital akan turut mendukung negara ASEAN dalam menyelaraskan upaya mereka mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan. Juga bisa membuka pintu bagi ASEAN agar makin solid sebagai kekuatan ekonomi yang sesungguhnya, dan otonom di kancah perekonomian digital dunia.

“Sebagai penyedia infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, serta perangkat-perangkat cerdas terkemuka global, Huawei berkomitmen terus menjalin kerja sama dengan para mitranya di seluruh dunia dalam mendukung ASEAN melalui inisiatif yang digelar untuk tujuan transformasi dan integrasi kawasan,” papar Jay Chen.

Bertema “Towards a more digitalized ASEAN: Shifting Currents, Opportunities, and Challenges in time of Pandemic,” panel diskusi ini menghadirkan sejumlah figur terkemuka regional, seperti Rizal Affandi Lukman, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian; Odo Manuhutu, Deputi Menteri Koordinator Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi; Jayant Menon, Visiting Senior Fellow at Regional Economic Studies Programme of ISEAS -Yusof Ishak Institute Singapore & Former Lead Economist of ADB, dan Sam Cheng Qingjun, Principal of Digital Transformation, Public & Government Affairs of Huawei. (Baca juga: SpaceX Batalkan Peluncuran Satelit di Detik Terakhir, Trauma? )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)