Tips Cara Mengajak Anak Belajar Menggunakan Tablet Samsung Galaxy Tab A7

Jum'at, 04 Desember 2020 - 21:14 WIB
loading...
Tips Cara Mengajak Anak Belajar Menggunakan Tablet Samsung Galaxy Tab A7
Tidak semua orang tua memahami bagaimana mengoptimalkan tablet sebagai perangkat edukatif. Foto: dok. Samsung
A A A
JAKARTA - Banyak orang tua belum menyadari bahwa perangkat teknologi seperti tablet Samsung Galaxy Tab A7 bisa digunakan sebagai alat penunjang edukasi di rumah. Mulai mengerjakan tugas, menonton tayangan inspiratif, hingga bermain gim edukatif. yang memiliki ketajaman 2000 x 1200 (WUXGA+). Namun orang tua harus berhati-hati agar anak-anak tidak tersesat, menonton video tidak sesuai usia ataupun tidak bermanfaat.

Karena itu, orang tua harus aktif menyeleksi konten video mana yang boleh atau tidak boleh di tonton. YouTube Kids adalah cara termudah membatasi konten edukatif untuk anak. Orang tua juga bisa mendorong anak tidak sekadar menonton, tapi juga mempelajari atau bahkan mengaplikasikan video yang ditonton. Misalnya, video untuk membuat prakarya dari kardus.

Aktif Membaca
Tips Cara Mengajak Anak Belajar Menggunakan Tablet Samsung Galaxy Tab A7

Manfaatkan layar lebar tablet Galaxy Tab A7 untuk membaca ebooks. Ada banyak sekali penyedia ebooks gratis yang bisa di unduh. Tulisan di tablet lebih besar dan nyaman untuk dibaca. Penyedia ebook di Google Play Store juga beragam. Ada National Geographic Kids, FarFaria, hingga Tales2Go. Atau, unduh juga audiobooks untuk melatih anak mendengar dan memahami konteks. Quad Speakers di Galaxy Tab A7 terasa sangat jernih dan kencang, apalagi sistem tata suara di tablet ini juga mendukung Dolby Atmos.

Membantu Tugas Sekolah
Tablet Samsung Galaxy Tab A7 bisa menjadi perangkat yang digunakan membantu mengerjakan tugas sekolah online. Baik untuk mengarang, membuat presentasi, memotret buku tema, dan lainnya. Samsung Galaxy Tab A7 memiliki kamera belakang beresolusi 8MP dengan fokus otomatis. Sehingga tugas yang ditulis di buku tema, tetap jelas saat di foto dan di unggah di aplikasi Edmodo. Tablet juga bisa menjadi panduan bagi orang tua untuk mencari inspirasi melakukan kegiatan bersama anak. Misalnya eksperimen menggunakan balon, memasak, atau berkreasi dengan kertas.

Menyesuaikan Cara Belajar Anak
Setiap anak belajar dengan cara berbeda. Nah, menggunakan tablet Samsung Galaxy Tab A7, orang tua bisa mengadopsi beragam cara belajar. Misalnya anak kinestetik dan visual, akan lebih mudah belajar melalui video edukasi dibanding dengan mendengarkan audio. Orang tua bisa melihat bagaimana cara termudah bagi anak untuk belajar dan menyesuaikan cara belajar dengan fitur-fitur yang ada di tablet.

Lebih Cepat Beradaptasi dengan Teknologi
Ketika anak terbiasa menyiapkan aplikasi Zoom untuk melakukan sekolah daring setiap hari, maka mereka juga semakin terbiasa dengan cara kerja perangkat seperti tablet, hingga komputer. Sehingga mereka menjadi generasi yang sangat cepat beradaptasi dengan teknologi. Kemampuan itu menjadi saat penting saat ini, dan di masa depan. Sebab, teknologi akan menjadi bagian penting dari pembelajaran sekolah di masa depan. Anak yang tertarik dengan teknologi bisa diarahkan untuk belajar hal-hal seperti coding.

Samsung Kids
Tips Cara Mengajak Anak Belajar Menggunakan Tablet Samsung Galaxy Tab A7

Orang tua bisa memanfaatkan Samsung Kids, semacam ruang kelas digital dimana anak bisa belajar dan bermain dengan aman. Ketika di aktifkan, pengguna akan dibawa ke layar antarmuka khusus Samsung Kids beserta sejumlah aplikasi yang didesain khusus bagi anak-anak. Disini mereka bisa melakukan banyak hal, mulai menggambar, bermain gim, juga mempelajari elemen dasar dari programming dan algoritma.

Ingat, Selalu Beri Batasan
Belajar dengan tablet seperti Samsung Galaxy Tab A7 memiliki segudang manfaat. Meski demikian, teknologi hanya bisa dimanfaatkan secara optimal dengan adanya batasan. Batasan dalam hal jumlah konten non edukasi yang boleh dikonsumsi oleh anak, batasan dalam hal screen time setiap hari.

Orang tua harus selalu memberi batasan untuk anak dalam mengakses perangkat elektronik. Di Galaxy Tab A7, bisa dilakukan dengan mengaktifkan Parental Control untuk memonitor dan mengatur aplikasi apa saja yang boleh dibuka dan jam penggunaannya. Fitur ini membantu untuk membatasi screen time anak maupun menghindarkan mereka membuka konten yang tidak disetujui orang tua.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)