Wajib Tahu, Ini Fitur-Fitur Baru Qualcomm Snapdragon 888 5G

loading...
Wajib Tahu, Ini Fitur-Fitur Baru Qualcomm Snapdragon 888 5G
Snapdragon 888 keluaran Qualcomm akan mentenagai mayoritas smartphone premium di 2021.
JAKARTA - System on Chip (SoC) Snapdragon 888 5G dikenalkan Qualcomm di acara tahunan Snapdragon Tech Summit Digital 2020. Chip ini akan menentukan standar smartphone flagship pada 2021. Apa yang baru? BACA JUGA: Menikmati Gim Receh tapi Bikin Nagih di Layar Lebar Samsung Galaxy Tab A7

SVP dan GM, Mobile, Komputasi dan Infrastruktur Qualcomm Alex Katouzian mengklaim bahwa Snapdragon 888 5G akan membawa inovasi terdepan dalam hal konektivitas 5G, artificial intelligence (AI), gaming, dan teknologi-teknologi kamera. ”Kami sudah mendesain chip ini sejak 3 tahun lalu,” katanya. Nah, apa saja yang baru?

Konektivitas
Snapdragon 888 5G menggunakan modem baru Snapdragon X60 5G Modem-RF generasi ketiga. Mendukung 5G sub-6 carrier aggregation dan mmWave, sehingga diklaim akan memberi kecepatan 5G hingga 7.5 Gbps. Modem-RF System dapat menyesuaikan jaringan 5G di berbagai negara di dunia lewat teknologi Dynamic Spectrum Sharing.
Global 5G multi-SIM memungkinkan roaming internasional pengaturan nomor personal dan nomor yang berhubungan dengan pekerjaan dalam ponsel yang sama.

Teknologi Qualcomm FastConnect 6900 mendukung kecepatan Wi-Fi 6 tercepat saat ini, hingga 3.6 Gbps serta kapasitas 6 GHz dengan Wi-Fi 6E. FastConnect 6900 juga mengoptimalkan audio yang lebih tajam, lewat Bluetooth 5.2, antena dual Bluetooth, Qualcomm apt suite, penyiaran audio dan optimalisasi modulasi dan coding.



Kecerdasan Buatan
Peran AI di Snapdragon 888 5G lebih banyak. Mulai kamera, voice assistant pribadi, elite gaming, hingga baterai lewat prosesor Qualcomm Hexagon 780 Qualcomm AI Engine generasi keenam juga dirancang lebih baik. Mampu meningkatkan 3x performa per watt dalam 26 Tera Operations Per Second (TOPS). Qualcomm Sensing Hub mengintegrasikan prosesor AI rendah daya, berguna di fitur seperti screen awake, deteksi pergerakan, hingga deteksi audio. Qualcomm AI Engine Direct menyediakan fleksibilitas bagi pengembang untuk menjalankan aplikasi on device yang ditenagai AI pada kinerja maksimum.

Kamera
Wajib Tahu, Ini Fitur-Fitur Baru Qualcomm Snapdragon 888 5G

Snapdragon 888 mengubah perangkat mobile menjadi kamera berkualitas profesional. Platform Qualcomm Spectra 580 ISP memungkinkan Triple Image Signal Processor (ISP). Artinya, prosesor mampu menangkap gambar dari tiga kamera bersamaan pada kecepatan processing sangat cepat—hingga 2,7 gigapixels per detik. Pengguna juga dapat menikmati penangkapan gambar burst 120fps untuk menangkap foto aksi dengan sangat cepat dan resolusi tinggi, atau menangkap tiga video berkualitas 4K HDR dalam waktu bersamaan. 4K HDR memberi peningkatan dramatis pada warna, kontras, dan detail. Qualcomm Spectra 580 ISP juga memperkenalkan arsitektur cahaya minim, untuk foto yang lebih terang, bahkan pada situasi mendekati kegelapan total. Selain itu, Snapdragon 888 juga mampu memotret dengan kedalaman warna 10-bit pada format HEIF.

BACA JUGA: Xiaomi Mi 11 Pertama Gunakan Snapdragon 888, Siap Diboyong ke Indonesia?



Gaming
Qualcomm Snapdragon Elite Gaming diklaim membuat konsumen bisa menikmati gim dengan kualitas grafis HDR sangat tinggi. Variable Rate Shading (VRS), pertama kalinya ada di perangkat mobile. VRS bertujuan meningkatkan game rendering hingga 30%. Sehingga lebih imersif. Qualcomm Game Quick Touch meningkatkan tingkat respon hingga 20%, menurunkan sentuhan latensi secara dramatis dan memberi keunggulan dalam multiplayer game. Dengan kecepatan serta latensi rendah di jaringan 5G dan Wi-Fi 6, gamer bisa melakukan kompetisi real-time tanpa ada lag.

Performa
Snapdragon 888 menggunakan arsitektur 5nm. Performa CPU naik 25% berkat Qualcomm Kryo 680. Juga, memungkinkan frekuensi tertinggi hingga 2.84GHz. Snapdragon 888 juga merupakan CPU subsystem komersil pertama yang berbasis Arm Cortex-X1. GPU Qualcomm Adreno 660 meningkatkan rendering grafis 35%, lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Keamanan
Qualcomm Secure Processing Unit, Qualcomm Trusted Execution Environment, dan Qualcomm Wireless Edge Services adalah fitur keamanan di Snapdragon 888. Snapdragon 888 membawa Type-1 Hypervisor, untuk mengamankan dan mengisolasi data di antara aplikasi dan beberapa sistem operasi secara bersamaan. Berkolaborasi dengan Truepic, Snapdragon 888 dapat menangkap foto yang terkunci secara kriptografis yang mendukung standar Content Authenticity Initiative, standar terbuka untuk sumber konten digital yang dirancang oleh Adobe. Perangkat berbasis Snapdragon 888 diharapkan tersedia secara komersil pada quarter pertama di 2021.
(dan)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top