Kecanggihan Omnichannel CVM Membuat Penjualan XL Axiata Melesat

Rabu, 25 November 2020 - 23:24 WIB
loading...
Kecanggihan Omnichannel CVM Membuat Penjualan XL Axiata Melesat
XL Axiata telah menerapkan Omnichannel Customer Value Management (CVM) sejak 2018. Ini adalah platform inovatif dalam membaca kebutuhan pelanggan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di tengah tekanan pandemik virus Corona , PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata ) tetap berupaya mendongkrak kinerja bisnis dalam ketatnya kompetisi industri .

Karena itu, XL Axiata mengadopsi inovasi teknologi digital guna meningkatkan kemampuan dalam memahami kebutuhan setiap pelanggan. Ini juga sebagai bagian dari pelaksanaan program transformasi digital. (Baca juga: XL Axiata Gandeng Solace Bikin Aplikasi MyXL Kecenya Maksimal )

Perlu digarisbawahi, sejak 2018, XL Axiata telah menerapkan Omnichannel Customer Value Management (CVM). Ini adalah platform inovatif dalam membaca kebutuhan pelanggan.

"Kemampuan memahami kebutuhan setiap pelanggan adalah salah satu kunci untuk bisa meningkatkan penjualan. Dengan memahami kebutuhan mereka, maka kita bisa memberikan penawaran-penawaran yang tepat," kata David Arcelus Oses, Direktur Commerce XL Axiata, Rabu (25/11/2020).

Lebih lanjut dikatakan, perusahaan bisa dengan cepat memberikan solusi atas problem yang dirasakan pelanggan. Tantangannya ialah bagaimana caranya mengidentifikasi kebutuhan setiap pelanggan yang jumlah totalnya ada lebih dari 56 juta. "Untuk itulah kami menerapkan Omnichannel CVM,” ujar David.

David menjelaskan, dengan platform inovatif tersebut XL Axiata mampu menawarkan kepada setiap pelanggan produk tepat, harga tepat, juga pada saat yang tepat. Pada dasarnya setiap pelanggan memiliki karakteristik khusus yang melekat pada diri masing-masing yang kemudian akan mempengaruhi keputusan untuk membeli produk yang paling tepat.

Sebagai ilustrasi, ungkap dia, untuk pelanggan yang membutuhkan paket data, XL Axiata telah memiliki penawaran paket mulai 1-50 GB, dengan harga yang juga beragam. Demikian juga dengan paket untuk booster-nya. (Baca juga: Sudah Diresmikan, tapi Galaxy A12 dan A02s Baru Muncul di Januari dan Februari 2021 )

Dengan demikian, setiap pelanggan bisa terpenuhi kebutuhannya baik dari besar kuota, harga, juga kualitas layanan. Setelah dua tahun berjalan, sudah lebih dari 32 juta penawaran yang dibeli oleh pelanggannya, di mana setiap saatnya ada lebih dari 1 juta profil penawaran yang ditampilkan.

Omnichannel CVM bekerja dengan menganalisa karakter setiap pelanggan secara 360 berdasarkan kebiasaan-kebiasaan mereka dalam pemakaian produk XL Axiata, paket yang biasa dibeli, frekuensi pembelian, juga 200+ variabel relevan lainnya. Melalui machine learning dan artificial intelligence (AI), hasil analisa tersebut kemudian menjadi rujukan bagi XL Axiata untuk menawarkan produk yang paling tepat kepada setiap pelanggan.

Metode complex event processing juga digunakan untuk mengirimkan pesan kontekstual sesuai dengan kebutuhan pelanggan. One contact policy yang diterapkan memungkinkan XL Axiata untuk mengatur pengiriman atau penampilan penawaran di lebih dari 14 channel internal yang dimiliki. Antara lain UMB, aplikasi digital, SMS, maupun iklan digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)