Rumah.com Hadirkan Inisiatif #RumahSegalanya

Jum'at, 08 Mei 2020 - 21:50 WIB
loading...
A A A
Tren pertumbuhan RIPMI-H kuartalan dipengaruhi oleh melambatnya pertumbuhan di sejumlah wilayah penyuplai besar, seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur. Sementara itu, Jawa Barat justru menunjukkan tren yang positif.

Indeks harga properti Q1 2020 di DKI Jakarta tercatat sebesar 110,1 atau turun 1,4% secara kuartalan. Penurunan yang lebih drastis dialami Jawa Timur, yakni 5,14% secara kuartalan, berada pada indeks 92,5.

Banten berada pada indeks 107,6 atau tercatat naik tipis 0,6%. Sementara Jawa Barat sebagai salah satu provinsi penyuplai properti terbesar di Indonesia, menunjukkan tren positif. Indeks harga properti Jawa Barat berada pada angka 118,2 atau naik sebesar 3,3% (quarter-on-quarter).

Secara umum berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q1 2020 terjadi perlambatan hampir di semua wilayah yang menjadi indikasi dampak pandemik terhadap sektor properti. Sementara hunian segmen kelas menengah dan menengah bawah menunjukkan sentimen positif dari sisi penawaran.

Marine menambahkan implementasi dari relaksasi LTV untuk rumah kedua maupun kebijakan penurunan BI 7 Day RR menjadi 4,5%, serta relaksasi perumahan subsidi harus disosialisasikan dan dilaksanakan dengan lebih gencar. Tujuannya, agar roda industri properti tetap berjalan di situasi yang sedang terdampak pandemik seperti sekarang.

Kombinasi kebijakan relaksasi LTV dan penyesuaian harga dan promo dari pengembang sesungguhnya menjadi kesempatan yang sangat bagus bagi investor untuk menambah portfolio propertinya, terutama mereka yang memiliki modal untuk investasi jangka panjang. "Kalangan, perbankan diharapkan bisa segera menurunkan suku bunga KPR-nya menyesuaikan dengan BI Repo Rate agar hasrat masyarakat untuk membeli rumah tetap terjaga di situasi pandemi ini,” tandas Marine.

Pengembang disarankan mengincar kalangan investor dan pembeli rumah pertama dengan memanfaatkan penawaran harga khusus serta kemudahan pembayaran, penyesuaian strategi pemasaran dengan cara online, serta penerapan beragam kebijakan pemerintah. Sementara bagi konsumen, pasar saat ini sedang berada pada kondisi buyer’s market. Konsumen bisa memanfaatkan promo diskon, kemudahan pembayaran, bonus, dan lain-lain untuk mendapatkan properti dengan harga yang terjangkau.

Di tengah situasi ini, Rumah.com sebagai portal properti di Indonesia dan bagian dari PropertyGuru Group, perusahaan teknologi properti di Asia, menghadirkan serangkaian inisiatif yang merangkum semangat positif #RumahSegalanya. Di mana sekarang justru menjadi kesempatan kita merenungi kembali arti rumah. Bukan hanya tempat singgah yang taken for granted, tapi memiliki arti penting bagi semua orang.

Marine menjelaskan, sebagai rujukan bagi para pencari hunian, Rumah.com menghadirkan inisiatif #SediaRumah dan #PerluRumah. Dengan #SediaRumah mengajak seluruh stakeholder dengan misi yang sama untuk menawarkan akomodasi secara gratis, mulai saat ini hingga 30 Juni 2020.

Ini untuk membantu mereka yang terdampak dari pandemik Covid–19. Sementara #PerluRumah adalah inisiatif bagi mereka yang memerlukan hunian sementara di saat pandemik berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)