Alasan Aplikasi Video Pendek Populer di Kalangan Musisi dan Artis Indonesia

Kamis, 10 September 2020 - 20:39 WIB
loading...
Alasan Aplikasi Video Pendek Populer di Kalangan Musisi dan Artis Indonesia
Selebritis dan artis independen menemukan cara baru untuk membagikan karya mereka ke seluruh dunia dengan cara menciptakan konten di ekosistem aplikasi berbagi video pendek. Salah satunya Likee. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Cara kita menikmati musik favorit berubah secara agresif dalam beberapa dekade terakhir. Awalnya menggunakan rekaman Vinyl atau Walkman yang legendaris lalu menjadi file .mp3. (Baca juga: Umumkan Teknologi Baru di HDC 2020, Bukti Huawei Kebal Tekanan AS )

Hal yang sama pun terjadi pada cara berhubungan dengan artis-artis favorit, yang juga kian berkembang. Sebelumnya kita hanya dapat membeli album CD atau menghadiri konser untuk dapat berinteraksi dengan mereka. Tapi sekarang, berkat adanya platform digital, terutama platform video pendek, penggemar dapat secara langsung berinteraksi dengan artis favoritnya dan merasakan pengalaman yang unik.

Di sisi lain, selebritis dan artis independen juga menemukan cara baru untuk membagikan karya mereka ke seluruh dunia dengan cara menciptakan konten. Baik konten live streaming, rekaman di rumah, atau menciptakan interaksi melalui tantangan hashtag, platform video pendek telah menjadi cara otentik untuk dapat terhubung dengan penggemar dan memotivasi mereka untuk mengemas kreativitas dalam beberapa detik melalui konten video pendek.

Baru-baru ini, diva terkenal Tanah Air, Rossa, juga memulai membuat konten di Likee, platform global berbasis di Singapura untuk menyaksikan dan membuat video pendek. Baru saja merilis versi Korea baru dari lagu hitsnya "Hati Yang Kau Sakiti", Rossa membuka akun resmi di Likee, di mana hanya dalam satu bulan, dia sudah mengumpulkan lebih dari 56.000 penggemar, memfasilitasi basis penggemar yang lebih luas untuk membagikan kreasi musik dan mempromosikan karya-karya barunya.

“Beragam fitur yang ada di Likee itu menarik banget! Aku suka bikin konten karena fitur-fiturnya mudah digunakan untuk video kreasi aku. Ini adalah platform yang simple dan efektif untuk buat konten supaya bisa berinteraksi lebih dekat dengan penggemarku, jadi ya kenapa gak dicoba kan?” kata Rossa.

Menurut Rossa, banyak musisi dan artis yang beralih menggunakan aplikasi pembuatan video pendek. Alasannya, platform ini sederhana, tapi dapat digunakan untuk berbagi aktivitas dan berinteraksi dengan para penggemar, sekaligus dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. "Likee sudah membuktikan bahwa platform video pendek merevolusi cara artis membagikan karyanya dan menghasilkan keterlibatan (engagement) yang lebih besar di industri musik," kata Rossa.

Cara Baru Mengekspresikan Diri
Baik pengguna maupun pembuat konten dapat memanfaatkan berbagai referensi musik untuk menemukan cara baru saat mengekspresikan diri melalui video mereka. Dari meluncurkan teaser kreatif atau kampanye untuk acara mendatang hingga membagikan konten eksklusif melalui platform, baik artis maupun pengguna diajak untuk membuat gaya bercerita terbaru dengan menunjukkan kemampuan mereka.

Salah satu hal yang paling menarik dari aplikasi ini adalah fitur unik yang membantu membagikan karya para musisi dan kreator untuk menjangkau lebih banyak orang. Menurut statistik yang dibagikan oleh WordStream, 92% pengguna membagikan video yang mereka tonton di perangkat seluler, membantu memperluas jangkauan penonton artis.

Aplikasi ini juga menyediakan beragam sumber dan fitur untuk mendukung mempromosikan karya artis melalui konser live, video klip, atau kolaborasi dengan artis lainnya.

Untuk mempromosikan "Hati Yang Kau Sakiti" versi Korea, Rossa bekerja sama dengan Likee untuk mencapai jangkauan yang lebih luas dan interaksi yang lebih baik dengan para penggemarnya. Likee menyediakan berbagai saluran promosi seperti Open Page, inner-message, berbagai banner, dan tantangan melalui hashtag untuk menciptakan buzz bagi peluncuran lagu terbaru Rossa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2494 seconds (0.1#10.140)