Serangan Pager Israel ke Hizbullah, Bukti Perangkat Komunikasi Kurang Aman

Kamis, 19 September 2024 - 19:05 WIB
loading...
A A A


Card memastikan pager dalam serangan tersebut merupakan model lama yang relatif besar, dengan banyak ruang di dalamnya dan mudah dibongkar.

Smartphone masa kini dirancang dan direkayasa dengan sangat presisi untuk meminimalkan ruang. Perangkat teknologi lain seperti earbud bahkan lebih kecil dan akan menunjukkan tanda-tanda modifikasi dengan lebih jelas.

Hal ini memerlukan penyerang untuk masuk ke dalam rantai pasokan dan menanamkan perangkat secara sembarangan atau menemukan cara agar produk tertentu sampai kepada pengguna tertentu. Rantai pasokan modern sangat luas dan terlindungi dengan baik sehingga hampir mustahil untuk melakukan salah satu dari kedua hal itu.

Namun, bukan berarti perangkat pengguna sepenuhnya aman. Badan keamanan dan organisasi swasta terus mencoba meretas perangkat – meskipun lebih sering dilakukan melalui perangkat lunak yang mereka jalankan, bukan secara fisik pada perangkat kerasnya.

Hal ini mendorong perusahaan yang membuat smartphone terus bekerja untuk mengamankan segala kemungkinan celah. Misalnya, Apple dalam beberapa tahun terakhir meluncurkan Lockdown Mode, pengaturan khusus yang sangat terbatas untuk iPhone yang membuatnya lebih aman, ditujukan untuk pengacara, aktivis, dan orang lain yang mungkin berisiko mengalami peretasan yang ditargetkan oleh pemerintah asing.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)