Simpel, Begini Cara Mengelola SDM Pakai AI

Rabu, 31 Juli 2024 - 19:11 WIB
loading...
Simpel, Begini Cara...
AI dapat mengotomatisasi tugas-tugas administratif seperti pengelolaan gaji, pengaturan jadwal, dan pengelolaan data karyawan lainnya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mengelola SDM yang efektif dan efisien di perusahaan kini bisa menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI). Terdapat cara simpel mengelola SDM pakai AI secara tepat.

"Banyak perusahaan yang telah mengadopsi AI melaporkan berbagai manfaat dan keuntungan. Di antaranya efisiensi operasional yang signifikan,” kata psikolog Prof Bagus Takwim dalam peluncuran platform hrmanufaktur.com, Rabu (31/7/2024).

Keunggulan AI dapat mengotomatisasi tugas-tugas administratif seperti pengelolaan gaji, pengaturan jadwal, dan pengelolaan data karyawan lainnya, menghemat waktu dan sumber daya. Dari sisi analisis data yang lebih mendalam, AI dapat membantu perusahaan memilih karyawan yang lebih cocok untuk posisi tertentu berdasarkan analisis kompetensi dan pengalaman.

"Dengan AI, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih berbasis data dan proaktif dalam mengelola perubahan, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan secara keseluruhan," kata Prof Bagus.



Sebagian besar keuntungan pemakaian AI tersebut, tentu membutuhkan sejumlah cara mengelola SDM yang tepat. Salah satunya mengelola data survei kebijakan perusahaan terhadap item-item kesejahteraan dan pelayanan. Teknologi AI digunakan untuk menganalisis data survei dengan cepat dan akurat sehingga dapat mengidentifikasi tren dan pola dalam hasil survei.

”AI dapat mengungkap area yang memerlukan perbaikan, dan memberikan rekomendasi kebijakan yang lebih tepat dan strategis,” ujar Founder HR Manufaktur Indonesia Munawir Haris.

Perusahaan pun dapat meningkatkan proses rekrutmen, pengembangan karyawan, dan penempatan posisi kerja dengan lebih efisien berkat AI. Hasilnya memungkinkan perusahaan untuk menemukan kandidat paling cocok tanpa harus melalui proses manual yang memakan waktu dan sumber daya.

Salah satu penerapan AI di bidang manajemen SDM diwujudkan via platform hrmanufaktur.com. Melalui pemanfaatan AI, perusahaan dapat meningkatkan proses rekrutmen, pengembangan karyawan, dan penempatan posisi kerja dengan lebih efisien.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)