Sport Science ala Shin Tae-yong seperti AI di Liverpool FC

Minggu, 28 April 2024 - 19:59 WIB
loading...
A A A
Hal ini terlihat dari kerjasama Liverpool FC dengan DeepMind, salah satu anak perusahaan Alphabet (induk dari Google). Kerjasama keduanya tercermin dari jurnal Game Plan: What AI can do for Football, and What Football can do for AI yang diterbitkan Journal of Artificial Intelligence Research. Penelitian ini diharapkan menjadi awal dari proses eksplorasi pemanfaatan Artificial Intelligence di area sepakbola.

Sebagai latar belakang, Artificial Intelligence adalah area dari computer science yang bertujuan menciptakan kecerdasan komputer yang menyerupai manusia.

Dengan memanfaatkan data yang masif dan kemampuan komputasi yang sangat cepat, Artificial Intelligence (AI) dapat mengkalkulasi berbagai skenario dan merekomendasikan sebuah keputusan.

Pada contoh Liverpool FC, teknologi AI diharapkan dapat membantu pelatih dalam melihat pola yang mungkin tidak kasat mata. Salah satu contohnya adalah melihat pola dari 12.000 tendangan penalti yang terjadi di liga di seluruh Eropa dalam beberapa musim terakhir.

Teknologi AI dapat mengelompokkan pemain yang memiliki pola permainan yang sama.
(wbs)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)