Laris Manis, Kursus Pemasaran di TikTok

Jum'at, 26 April 2024 - 18:30 WIB
loading...
A A A

Kesenjangan informasi


Qiu Zhouwen, peserta kursus berusia 30an, bekerja untuk perusahaan kosmetik di Guangzhou. Perusahaannya mendaftarkan ke kursus pemasaran digital karena mereka berharap akhirnya bisa menjual produk perawatan kulit melalui TikTok. "Informasi adalah bagian dari biaya (berbisnis) sekarang, dan jika tidak memiliki informasi yang sesuai dengan pasar, biaya Anda akan sangat tinggi," kata Qiu.

Wang, instruktur Mede, mengatakan para penjual dari China seringkali menghadapi kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan selera konsumen yang berbeda di luar negeri.

Produsen bahan kimia Donghua Jinlong menciptakan meme viral di TikTok bulan ini setelah pengguna media sosial luar negeri menemukan humor absurd dalam video-videonya yang langsung tentang glicin berkekuatan industri yang ditampilkan dengan narasi suara yang dibuat oleh kecerdasan buatan.

Mengakses TikTok dari China memerlukan perangkat lunak VPN untuk melewati firewall. VPN berada dalam area abu-abu secara hukum di China, pihak berwenang kadang-kadang menindak namun biasanya mengizinkan penggunaan untuk tujuan bisnis.

TikTok juga terjebak dalam ketegangan geopolitik global. Kongres AS mengancam akan melarang aplikasi tersebut sepenuhnya atas kekhawatiran bahwa dapat berbagi data pribadi dengan pemerintah China.

Kata-kata kunci dan klik


Mede menjadi salah satu dari banyak organisasi yang menjalankan kelas TikTok, termasuk yang berbasis di Guangdong, di mana otoritas telah menggantung spanduk propaganda yang mempromosikan e-commerce internasional.

Mereka yang tidak ingin mengeluarkan biaya kursus yang tinggi juga dapat mencari masukan dari veteran e-commerce yang telah membangun pengikut di aplikasi sosial Tiongkok dengan berbagi tips TikTok. Molly Zhao (23), seorang streamer langsung TikTok telah menjual produk pakaian dan elektronik secara online sejak 2022.

Zhao, yang kuliah di Italia dan fasih berbahasa Italia dan Inggris, mengatakan kepada AFP bahwa kemampuan berbahasa asingnya telah membuatnya mendapatkan pekerjaan siaran langsung yang berbayar.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5017 seconds (0.1#10.140)