Kominfo: Larisnya Game Lokal Dalam Negeri Tergantung Pengembang, Bukan Pemerintah

Jum'at, 15 Maret 2024 - 21:11 WIB
loading...
Kominfo: Larisnya Game Lokal Dalam Negeri Tergantung Pengembang, Bukan Pemerintah
Kominfo mengaku tidak bisa menjamin game buatan developer Indonesia laris di dalam negeri. Foto: Kominfo
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang bisa menjamin industri game lokal bisa laris di negeri sendiri.

Sebab, pemerintah sejauh ini hanya bisa mendorong percepatan pengembangan game, bukan memastikan game laris di pasaran.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Jumat (15/3/2024) di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyebut laris tidaknya sebuah game lokal di negeri sendiri itu tergantung bagaimana pengembang bisa memahami pasar.

Menurutnya, perkara game tersebut bisa laku di negara sendiri bukanlah ranah Pemerintah, khususnya Kominfo, karena Kementerian yang dipimpin oleh Budi Arie Setiadi itu hanya membantu memfasilitasi bagaimana game lokal bisa berkembang dan meramu regulasinya.

"Tidak ada yang bisa jamin. Kita hanya bisa dorong. Tugasnya mereka memahami apa yang disukai masyarakat Indonesia. Kita hanya membantu memfasilitasi bagaimana itu bisa berkembang. Tugas Kominfo memfasilitasi dan membuat regulasinya, Kemenparekraf melakukan percepatan," ungkap Semuel.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi telah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Ini dilakukan Pemerintah secara konvergen, holistik, integratif, dan berkualitas melalui program untuk mencapai target peningkatan industri game nasional.

Baca Juga: Kominfo Tegur Biznet Soal Kebocoran 380 Juta Data Pengguna: Klarifikasi dan Tanggung Jawab Diperlukan!

Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional sendiri diketuai oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

Tim tersebut mempunyai tugas melakukan koordinasi dan sinkronisasi, mengarahkan langkah dan kebijakan untuk penyelesaian permasalahan dan hambatan, menyusun strategi dan implementasi komunikasi publik secara komprehensif, melakukan pemantauan dan evaluasi, serta memberikan rekomendasi mengenai perubahan program percepatan pengembangan industrigamelokal.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6504 seconds (0.1#10.140)