Kecam Israel, Wikipedia Arab Tampilkan Banner Genosida di Gaza

Senin, 04 Maret 2024 - 18:40 WIB
loading...
A A A
Aksi ini awalnya dilaporkan sebagai akibat serangan udara Israel tetapi telah ditentukan oleh intelijen Amerika, Inggris, Kanada, Prancis, dan Israel kemungkinan besar disebabkan oleh roket yang diluncurkan oleh Jihad Islam Palestina. Halaman Wikipedia Arab mendukung klaim bahwa Israel bertanggung jawab, mengutip kontroversi tersebut dalam bagian yang disebut "propaganda Israel."

Terakhir, kata-kata "penipuan dan standar ganda" ditautkan ke entri untuk "Operasi badai al-Aqsa," menggunakan nama Hamas untuk serangan 7 Oktober 2023.

Wikipedia memiliki kebijakan netralitas, meskipun situs tersebut, atau versi tertentu pernah berpartisipasi dalam protes lainnya. Spanduk "genosida" Arab memicu diskusi sengit di forum internal antara pembela tindakan tersebut dan seorang administrator Wikipedia berbahasa Ibrani, dengan nama pengguna Bharel yang bermasalah dan akhirnya mundur dari perannya di situs tersebut.

"Saya telah menghentikan kontribusi dan donasi ke Wikimedia Foundation, grup yang menjalankan Wikipedia," ujar Bharel dalam halaman pribadinya.

Dia berharap para kontributor membangun ensiklopedia yang netral serta tidak mempromosikan politik dan mempengaruhi opini publik.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)