Ini yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan AC agar Bayar Listrik Tidak Bengkak

Kamis, 25 Januari 2024 - 18:23 WIB
loading...
Ini yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan AC agar Bayar Listrik Tidak Bengkak
Showroom DAIKIN Proshop yang diperuntukkan khusus bagi lini premium perangkat penyejuk ruangan (AC). FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cuaca panas yang melanda Indonesia membuat keberadaan Air Conditioner (AC) sangat dibutuhkan menjadi instrumen penting, terutama di rumah dan perkantoran lantaran cuaca panas melanda.



Tak jarang, AC di rumah menyala sepanjang siang dan malam, dalam waktu panjang. Konsekuensinya tagihan listrik pun melonjak. Agar tagihan listrik tidak membengkak dan AC awet serta bekerja optimal langkah-langkah ini harus diperhatikan.

Berikut cara merawat AC rumah agar tetap awet dan hemat listrik dilansir dari berbagai sumber:

1. Membersihkan kondensor

Kondensor di luar ruangan terkadang lupa untuk dibersihkan. Apabila lupa membersihkannya, kotoran dan debu dapat menyumbat sirip pendingin AC. Akibatnya, AC tidak dapat menyejukkan udara dengan maksimal. Cara membersihkan kondensor cukup mudah. Cukup gunakan sikat yang lembut atau vakum untuk membersihkan sirip pendingin.

2. Memeriksa evaporator

Evaporator pada AC berfungsi menyerap hawa panas dari udara di ruangan. Salah satu tanda evaporator AC tidak bekerja dengan baik adalah tidak adanya udara dingin yang berhembus dari AC. Bila hal ini terjadi, bersihkan evaporator dengan kain basah untuk membuatnya kembali bekerja seperti semula.

3. Memeriksa Freon

Freon adalah pendingin pada AC. Jika kekurangan Freon, maka AC tidak akan bisa mendinginkan ruangan secara efisien. Bila AC tidak lagi dingin, maka dapat menghubungi teknisi untuk memeriksa dan mengisi Freon AC.
4. Membersihkan penyaring
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)