Cuaca Panas Ekstrem Berlanjut, Konsumen Ramai-ramai Beli Tiket Pesawat ke Daerah Dingin

Senin, 23 Oktober 2023 - 16:05 WIB
loading...
Cuaca Panas Ekstrem Berlanjut, Konsumen Ramai-ramai Beli Tiket Pesawat ke Daerah Dingin
Tren belanja online di Tokopedia di tengah cuaca panas ekstrem menarik karena konsumen banyak liburan ke daerah dingin di Indonesia. Foto: Sindonews/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Cuaca panas ekstrem berkelanjutan beberapa pekan terakhir ternyata berdampak pada meningkatnya tiket pesawat ke daerah-daerah dingin. Agaknya, banyak orang kegerahan dan ingin cari suasana baru.

Dari hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu maksimum pada September 2023 di beberapa wilayah di Indonesia mencapai 35,4-38 derjat Celcius pada siang hari.

BMKG juga memprediksi cuaca panas di beberapa wilayah masih akan berlangsung hingga Oktober 2023. Uniknya, cuaca panas ekstrem cenderung mendorong masyarakat pergi ke tempat wisata dingin di Indonesia.

“Ini terlihat dari data internal Tokopedia yang menunjukkan ada peningkatan penjualan tiket pesawat ke berbagai wilayah di Indonesia dengan tempat wisata dingin pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, seperti Malang, Bandung dan wilayah lain, dengan rata-rata peningkatan sebesar hampir 1,5 kali lipat,” jelas Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia, Antonia Adega.

Cuaca Panas Ekstrem Berlanjut, Konsumen Ramai-ramai Beli Tiket Pesawat ke Daerah Dingin

Menurut Antonia, untuk terus mempermudah masyarakat bepergian ke tempat wisata, termasuk yang terletak di wilayah bersuhu rendah di Indonesia, Tokopedia menyediakan halaman khusus pembelian tiket pesawat, kereta api, hotel maupun hiburan (seperti taman hiburan lokal).

“Lewat halaman ini, perjalanan wisata ke tempat dingin bisa menjadi lebih terencana dan hemat karena ada cashback,” tambah Antonia.

Tokopedia melalui Antonia membagikan rekomendasi wilayah yang dapat dikunjungi masyarakat Indonesia untuk ‘kabur’ sejenak dari cuaca panas ekstrem yang terus berlanjut di Indonesia.

1. Toba dan Samosir di Sumatra Utara

Toba dan Samosir adalah tujuan wisata bagi masyarakat pecinta suhu dingin. Wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas outdoor sambil menikmati keindahan alam danau terbesar di Indonesia, Danau Toba. Suhu rata-rata Toba dan Samosir berkisar antara 17-29 derajat Celcius.

2. Lembang dan Ciwidey di Jawa Barat

Lembang dan Ciwidey, yang terletak tidak jauh dari pusat kota Bandung, adalah contoh lain tempat wisata bercuaca dingin favorit masyarakat. Di wilayah ini, masyarakat bisa berwisata di perkebunan stroberi dan teh, hingga pemandian air panas. Kedua destinasi ini memiliki suhu rata-rata berkisar antara 13-28 derajat Celcius.

3. Tawangmangu dan Dieng di Jawa Tengah

Tawangmangu dan Dieng adalah gudang wisata alam, seperti air terjun dan telaga. Untuk menuju Tawangmangu, masyarakat bisa mendarat di Bandara Adi Soemarmo atau turun di stasiun kereta di Solo, lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil sekitar 1,5-2 jam. Suhu rata-rata Tawangmangu pada siang hari, yaitu 17-22 derajat Celcius.

4. Batu dan Bromo di Jawa Timur

Terkenal memiliki banyak destinasi alam yang menawan serta suasana sejuk, Batu dan Bromo sering dipilih pelancong sebagai tujuan wisata untuk rehat dari kegiatan sehari-hari. Ada kebun binatang dan theme park di Batu, serta keindahan Gunung Bromo, yang bisa dinikmati masyarakat. Suhu rata-rata Batu pada siang hari, yaitu 18-28 derajat Celcius, sedangkan Bromo 5-12 derajat Celcius.


5. Ubud dan Kintamani di Bali

Ubud dan Kintamani adalah wilayah dataran tinggi. Hal ini membuat wisatawan yang lebih menyukai lokasi bersuhu dingin cenderung menjadikan Ubud dan Kintamani sebagai tujuan ketika sedang berada di Pulau Dewata. Selain sejuk, wilayah ini juga menawarkan kekayaan alam yang luar biasa. Suhu di Ubud bisa mencapai 20oC, sedangkan Kintamani 17 derajatCelcius.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2641 seconds (0.1#10.140)