Cuaca Panas, Ini Cara Merawat AC agar Awet dan Hemat Listrik

Senin, 09 Oktober 2023 - 14:00 WIB
loading...
Cuaca Panas, Ini Cara Merawat AC agar Awet dan Hemat Listrik
Penyaring udara di AC harus dibersihkan secara berkala. (Foto: Polytron)
A A A
JAKARTA - Belakangan Air Conditioner (AC) menjadi instrumen penting, terutama di rumah dan perkantoran lantaran cuaca panas melanda.

Tak jarang, AC di rumah menyala sepanjang siang dan malam, dalam waktu panjang. Konsekuensinya tagihan listrik pun melonjak. Agar tagihan listrik tidak membengkak dan AC awet serta bekerja optimal langkah-langkah ini harus diperhatikan.

Berikut cara merawat AC rumah agar tetap awet dan hemat listrik dilansir dari berbagai sumber, Senin (9/10/2023).

1. Membersihkan kondensor

Kondensor di luar ruangan terkadang lupa untuk dibersihkan. Apabila lupa membersihkannya, kotoran dan debu dapat menyumbat sirip pendingin AC. Akibatnya, AC tidak dapat menyejukkan udara dengan maksimal. Cara membersihkan kondensor cukup mudah. Cukup gunakan sikat yang lembut atau vakum untuk membersihkan sirip pendingin.


2. Memeriksa evaporator

Evaporator pada AC berfungsi menyerap hawa panas dari udara di ruangan. Salah satu tanda evaporator AC tidak bekerja dengan baik adalah tidak adanya udara dingin yang berhembus dari AC. Bila hal ini terjadi, bersihkan evaporator dengan kain basah untuk membuatnya kembali bekerja seperti semula.

3. Memeriksa Freon

Freon adalah pendingin pada AC. Jika kekurangan Freon, maka AC tidak akan bisa mendinginkan ruangan secara efisien. Bila AC tidak lagi dingin, maka dapat menghubungi teknisi untuk memeriksa dan mengisi Freon AC.

4. Membersihkan penyaring

Penyaring yang kotor bukan hanya menghambat performa AC, tetapi juga memengaruhi konsumsi energi listrik dan juga kualitas udara di ruangan. Pastikan membersihkan penyaring setidaknya satu bulan sekali.

5. Matikan AC bila tidak diperlukan

Ketika bepergian meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama, pastikan AC sudah dimatikan. Disarankan untuk memutus sambungan listrik pada AC bila bepergian untuk mencegah konsumsi energi listrik saat AC tidak digunakan.


6. Jangan mengatur suhu di bawah 22 derajat secara terus menerus

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam perawatan AC adalah jangan mengatur suhu di bawah 22 derajat secara terus menerus. AC saat ini memang bisa dipasang hingga 16 derajat.

Suhu udaranya pun juga pasti akan lebih dingin, tapi jika terus memasang AC dengan suhu di bawah suhu 22 derajat, AC akan bekerja terlalu keras. Normalnya suhu AC ada di temperatur 22 sampai 24 derajat.

7. Biarkan pintu dan jendela terbuka secara parsial

Untuk menghemat listrik dalam penggunaan AC dalam waktu lama, menjaga pintu dan jendela tertutup adalah hal yang paling penting untuk menjaga kesejukan, namun ini juga merupakan kebiasaan yang sulit diubah.

Ketika suhu di luar naik (seperti yang sering terjadi di musim panas), alamiah bagi kita untuk membuka pintu atau jendela rumah agar dapat menikmati angin sepoi-sepoi, atau mendapatkan sirkulasi udara silang sebanyak mungkin.

Namun, hal ini sebenarnya lebih merugikan daripada menguntungkan. Begitu membuka pintu dan jendela, udara panas akan masuk ke dalam rumah. Alih-alih membuka pintu dan jendela sepenuhnya, coba biarkan terbuka secara parsial.

Dengan cara ini, beberapa aliran udara masih akan lewat tanpa menciptakan terlalu banyak kekacauan di dalam rumah ketika suhu di luar panas. Ini akan membuat AC bekerja secara maksimal dan suhu ruangan tetap sejuk.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5096 seconds (0.1#10.140)