Konten AI di Facebook dan Instagram Bakal Diberi Tanda Khusus

Rabu, 07 Februari 2024 - 16:08 WIB
loading...
Konten AI di Facebook dan Instagram Bakal Diberi Tanda Khusus
Facebook dan Instagram bakal melabeli konten yang dibuat oleh mesin Imagine AI dengan watermark. (Foto: Tech Radar)
A A A
JAKARTA - Konten-konten yang dibuat dengan teknologi artificial intelligence (AI) di Instagram dan Facebook akan diberi label khusus. Hal ini untuk meminimalisir misinformasi yang disebabkan oleh kehadiran AI.

Melansir Techradar, Rabu (7/2/2024), Facebook dan Instagram bakal melabeli konten yang dibuat oleh mesin Imagine AI dengan watermark. Ke depan, ini juga berlaku untuk gambar yang berasal dari sumber pihak ketiga seperti OpenAI, Google, dan Midjourney.

Sayangnya belum diketahui secara pasti seperti apa bentuk tanda yang akan disematkan pada konten AI ketika diresmikan. Namun dari pengumuman yang dipublikasikan, Meta untuk masa uji coba ini akan memberikan keterangan "info AI" di samping konten.

Selain label yang terlihat, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu juga mengatakan bahwa mereka sedang mengerjakan alat untuk mengidentifikasi penanda yang tidak terlihat dalam gambar dari generator pihak ketiga.



Tujuannya adalah untuk menyertakan tag unik yang tidak dapat dimanipulasi oleh alat pengeditan. Meta menyatakan platform lain memiliki rencana untuk melakukan hal yang sama dan menginginkan sistem untuk mendeteksi metadata yang diberi tag.

Meta mengakui saat ini belum ada cara untuk mendeteksi audio dan video yang dihasilkan AI dengan gambar orisinil karena teknologinya belum tersedia. Namun, menurut mereka industri sedang berupaya untuk menuju kemampuan itu.



Belum diketahui kapan fitur penanda konten AI ini akan dihadirkan ke semua pengguna Instagram dan Facebook lantaran Meta masih belum mengungkap detailnya.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2265 seconds (0.1#10.140)
pixels