Isi Ulang Kartu Tol, Ini Rekomendasi Ponsel Berfitur NFC Termurah

Senin, 01 Januari 2024 - 10:08 WIB
loading...
Isi Ulang Kartu Tol, Ini Rekomendasi Ponsel Berfitur NFC Termurah
Cara praktis mengisi ulang kartu tol saat perjalanan bisa menggunakan teknologi Near Field Communication atau NFC. (Foto: Jasa Marga)
A A A
JAKARTA - Libur Natal dan Tahun Baru membutuhkan banyak persiapan, salah satunya mengisi kartu tol. Ada cara praktis mengisi ulang kartu secara mandiri saat perjalanan, yaitu menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC).

Kemacetan panjang yang terjadi di tol Trans Jawa saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 beberapa waktu lalu terjadi karena adanya 28.000 kendaraan yang mengalami kurang saldo. Kondisi itu membuat pemilik mobil terpaksa mengisi ulang kartu uang elektronik di gardu tol mereka agar bisa melanjutkan perjalanan.

"Dengan adanya waktu penundaan tersebut, kami mencatat rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol di GT Kalikangkung sebesar -5 persen per jam," ujar Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga dalam keterangannya, Srnin (1/1/2024).



Solusinya ternyata dengan memanfaatkan fitur NFC yang ada di ponsel cerdas. Fitur tersebut untuk mengoperasikan layanan aplikasi isi ulang kartu, seperti mobile banking dan e-commerce.

Pengguna ponsel tinggal menempelkan kartu uang elektronik yang digunakan ke ponsel. Tentu saja, teknologi NFC tak hanya disematkan di ponsel mahal. Berikut ini beberapa ponsel dengan teknologi NFC yang harganya di bawah Rp 2 juta.

1. Infinix Hot 12 Play NFC


Harga Rp 1,5 Jutaan

Layar: IPS 6.82 inches, 90 Hertz, 720 x 1612 pixels

Chipset: Unisoc T610 (12 nm)

Memori Internal: 64GB 4GB RAM

Kamera Belakang: 13 MP + AI Lens
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8566 seconds (0.1#10.140)