Cara Aktifkan NFC di HP Samsung, Ternyata Mudah dan Praktis

Selasa, 16 April 2024 - 16:36 WIB
loading...
Cara Aktifkan NFC di HP Samsung, Ternyata Mudah dan Praktis
Galaxy A15 series menjadi HP harga Rp2 jutaan yang sudah dibekali NFC. Foto: Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Cara aktifkan NFC di HP Samsung perlu diketahui oleh penggunanya supaya dapat memanfaatkan segala fitur dalam smartphone secara optimal.

NFC (Near Field Communication) yang merupakan protokol komunikasi nirkabel jarak dekat ini sendiri dapat mempermudah pengguna untuk dapat melakukan transaksi non-tunai atau cashless.

Teknologi NFC saat ini memang sudah tertanam di berbagai jenis smartphone termasuk besutan Samsung. Cara kerja NFC sendiri hampir sama seperti Bluetooth yang mampu mengirimkan informasi dengan perangkat yang terhubung.

Dalam pemakaiannya, pengguna hanya bisa memakainya untuk menghubungkan dua perangkat dengan celah tidak melebihi 4 cm, atau di beberapa perangkat harus menempel ke bagian belakang smartphone.

Fitur NFC ini dapat menyimpan informasi secara detail dalam aplikasi semacam QRIS, kartu debit, kartu kredit, dan sejenisnya. Bahkan di beberapa perangkat, fitur ini telah dibekali dengan layanan ganti kartu transportasi dan mengirim berbagai dokumen atau media.

Lebih baiknya lagi, NFC ini dapat digunakan tanpa harus terkoneksi ke jaringan internet. Sehingga pengguna dapat memakainya kapanpun dan dimanapun.

Cara Aktifkan NFC di HP Samsung

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara aktifkan NFC di HP Samsung.

- Pertama, masuklah ke menu "Pengaturan" atau "Setting"
- Kemudian, pilih opsi "Connection" atau "Sambungan"
- Pilih Opsi "NFC"
- Selanjutnya, klik pada "NFC" dan pilih opsi "On"
- Jika sudah, kembali dan pilih opsi "Contactless payments"
- Tinggal atur layanan pembayaran yang hendak digunakan



Itulah cara aktifkan NFC di hp Samsung yang dapat dipraktekkan. Perlu diingat bahwa setiap model handphone buatan Samsung tentu mempunyai versi antarmuka sistemyangberlainan
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)