Apa Itu NFC dan Fungsinya Pada HP?

Senin, 06 September 2021 - 09:16 WIB
loading...
Apa Itu NFC dan Fungsinya Pada HP?
Ponsel terbaru seperti vivo V21 dibekali fitur NFC multifunctions yang dapat menduplikasi fungsi kartu akses. Foto: dok vivo Indonesia
A A A
JAKARTA - Apa itu NFC dan fungsinya pada hp? Near-field Communication adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat berbagi informasi hanya dengan mendekatkan ponsel.

Karena begitu banyak fungsinya, NFC seolah menjadi fitur wajib bagi ponsel. Bahkan, di kelas entry level pun pengguna menginginkan fitur NFC tidak ditanggalkan.



NFC begitu praktis, karena memungkinkan transfer data dan transaksi secara digital melalui smartphone dengan cepat.

Pengguna, misalnya, bisa mengirim file, foto dan video, mentransfer kontak, berbagi aplikasi, dan melakukan pembayaran tanpa kontak antara ponsel serta benda yang mendukung NFC.

NFC menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim dan menerima data melalui gelombang radio dengan kecepatan tinggi. Untuk mengaktifkannya, hanya perlu masuk ke menu Settings> Connection & sharing, lalu aktifkan NFC.

Ponsel terbaru seperti vivo V21 bahkan mengklaim menyematkan fitur NFC Multifunctions.

Senior Product Manager vivo Indonesia Ricky Bunardi mengatakan, keunggulan teknologi NFC terletak pada perannya dalam melakukan komunikasi dan transaksi dengan cara yang sangat nyaman dan mudah hanya dengan menyentuh atau mendekatkan perangkat pada layanan yang dikehendaki.

”Umumnya, NFC digunakan untuk mengirim atau menerima file, seperti foto, video, lagu, dan lain-lain; dan untuk membaca informasi dari kartu uang elektronik atau komponen pasif lainnya,” ujarnya.

NFC yang terdapat pada vivo V21 merupakan NFC Multifunctions. Fitur ini memiliki peningkatan fungsi, yakni untuk menduplikasi fungsi kartu akses.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)