Ribuan Smartwatch Dibagikan ke Prajurit Amerika, untuk Apa?

Rabu, 27 Desember 2023 - 12:00 WIB
loading...
Ribuan Smartwatch Dibagikan ke Prajurit Amerika, untuk Apa?
Angkatan Udara AS telah mendistribusikan lebih dari 1.000 perangkat pintar kepada para prajuritnya. (Foto: Military.com)
A A A
JAKARTA - Angkatan Udara AS telah mendistribusikan lebih dari 1.000 perangkat pintar kepada para prajuritnya. Smartwatch dan cincin pintar ini terutama ditujukan untuk prajurit yang bekerja di bawah tekanan untuk mencegah stres dan memantau kesehatan vital mereka.

"Beberapa metrik yang diukur termasuk kualitas tidur, pembacaan saturasi oksigen , dan detak jantung," kata John Alsvig, manajer tugas khusus sersan pertama Angkatan Udara AS dilansir dari Military.com, Rabu (27/12/2023).

Alsvig menambahkan, pemberian smartwatch dan cincin pintar mulai dilakukan tahun ini kepada setiap alumni Akademi Sersan Pertama. "Ketika kita bersiap untuk menutup tahun 2023, hampir semua perangkat yang dapat dipakai telah diberikan dengan lebih dari 1.000 sersan pertama menggunakannya," ujarnya.

Penggunaan perangkat pintar oleh Angkatan Udara Amerika di masa mendatang kemungkinan akan digunakan menggantikan ujian kebugaran fisik rutin.



Pada bulan April lalu, Pentagon telah menggunakan perangkat kebugaran yang dapat dipakai untuk membantu melacak penyebaran awal penyakit menular, seperti Covid-19 , di antara prajurit.

Beberapa tahun lalu, perangkat seperti jam tangan pintar menimbulkan kekhawatiran privasi dan keamanan di militer. Memo Pentagon tahun 2018 meminta anggota dinas di daerah yang ditempatkan dan di pangkalan berprofil tinggi untuk tidak menggunakan pelacak kebugaran karena khawatir akan mengungkapkan data lokasi ke pihak luar.



Alsvig mengatakan Angkatan Udara tidak mengumpulkan atau menggunakan data dari perangkat pintar untuk riset. Data dari perangkat tersebut hanya terlihat oleh pengguna sebagai alat untuk memantau kesehatan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)