Tips Memilih AC Sesuai Kebutuhan, Nomor 1 Sesuaikan Luas Ruangan

Rabu, 22 November 2023 - 15:35 WIB
loading...
Tips Memilih AC Sesuai Kebutuhan, Nomor 1 Sesuaikan Luas Ruangan
AC standard memiliki harga lebih murah dan dapat mendinginkan dengan cepat. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Tips memilih AC penting diketahui, terutama untuk yang baru pertama kali membeli unit AC baru. Sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana memilih air conditioner terbaik, perlu kamu ketahui lebih dulu jenis AC yang ada di pasaran.

Setidaknya ada tiga jenis AC yang paling banyak digunakan di Indonesia, antara lain; AC standar, low watt dan inverter. AC standard memiliki harga lebih murah dan dapat mendinginkan dengan cepat. Namun konsumsi daya listrik cukup besar. Sedangkan AC Low Watt sebaliknya, memiliki daya lebih rendah sehingga tagihan listrik dapat lebih dihemat. Namun untuk mendinginkan ruangan butuh waktu lebih lama dibandingkan AC Standard. Kipas AC Outdoornya juga lebih berisik dibandingkan AC Standard

Terakhir, ada AC inverter yang cocok digunakan untuk penggunaan rutin dan dalam waktu lama. AC inverter dapat menyesuaikan daya yang digunakan dengan suhu ruangan. Harga AC Inverter lebih mahal dibandingkan dua tipe sebelumnya. Setelah mengetahui jenis-jenis AC, sekarang kamu bisa simak tips memilih AC yang cocok untuk kebutuhanmu.

Tips Memilih AC

1. Menyesuaikan Luas Ruangan


Tips memilih AC pertama adalah menyesuaikan luas ruangan. Pastikan apakah PK atau daya kesejukan pendinginan yang ditawarkan oleh AC sesuai dengan ukuran ruangan yang akan didinginkan. Jika PK terlalu kecil, AC harus bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan. Sebaliknya, PK yang terlalu besar juga menyebabkan tagihan listrik menjadi membengkak.

Berikut ukuran PK AC rumahan yang umum digunakan:

AC 1/2 PK untuk ruangan 10 meter persegi

AC 3/4 PK untuk ruangan 14 meter persegi

AC 1 PK untuk ruangan 18 meter persegi

AC 1 1/2 PK untuk ruangan 24 meter persegi

AC 2 PK untuk ruangan 36 meter persegi.

Catatan: Jika ruangan memiliki luas lebih dari 36 meter persegi, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan 2 AC sekaligus.

2. Cek Fitur yang Ditawarkan

Cek dan pastikan fitur-fitur tambahan yang ditawarkan oleh AC bisa digunakan sesuai kebutuhan. Beberapa AC modern dilengkapi teknologi canggih seperti pengaturan suhu otomatis, pengaturan kelembapan, filter udara, hingga pemantauan energi. Fitur-fitur ini tentunya dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi AC.

Pilih AC dengan sistem pengaturan suhu yang mudah dan memiliki mode pengaturan energi (seperti mode Eco atau Energy Saver) untuk mencegah pemakaian berlebih.

3. Pastikan Berdaya Listrik Rendah


Memilih AC dengan daya listrik rendah adalah langkah yang bijaksana untuk mengurangi tagihan listrik dan dampak negatif pada lingkungan. Perhatikan label energi pada AC sebelum membeli. Label ini memberikan informasi tentang tingkat efisiensi energi AC. Pilih produk dengan rating efisiensi terbaik (A, A+, atau A++) agar lebih hemat energi dan tidak menyebabkan kantung kering.

4. Pilih Desain yang Mudah Dibersihkan


Tips memilih AC yang tak kalah pentingnya adalah memastikan uni yang dibeli mudah dibersihkan. Tujuannya, agar kamu dapat dengan mudah menjaga kualitas udara dalam ruangan dan meningkatkan efisiensi serta umur pakai AC.

Itulah tips memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan. Buat yang ingin beli AC baru, ada diskon hingga 25% untuk setiap pembelian unit air conditioner di AladinMall . Nikmati pula fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan cara men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)