Cara Mengatasi AC Outdoor Berisik

Kamis, 04 Januari 2024 - 11:27 WIB
loading...
Cara Mengatasi AC Outdoor Berisik
Jangan panik jika tiba-tiba AC Outdoor yang ada di rumah Anda mengeluarkan suara-suara berisik. Cari tahu penyebabnya di sini. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Jangan panik jika tiba-tiba AC Outdoor yang ada di rumah Anda mengeluarkan suara-suara berisik. Penggunaan Air Conditioner (AC) rutin terkadang memang membuat kondisi peralatan elektronik pendingin ruangan sering bermasalah.

Utamanya adalah AC Outdoor tiba-tiba mengeluarkan suara yang tidak nyaman atau berisik. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat AC Outdoort tiba-tiba berisik.

Hanya saja menurut keterangan kanal YouTube, RacikPC Indonesia, yang dikutip MNC Portal Indonesia, Kamis (4/1/2024) ini, suara berisik di AC Outdoor berpusat pada dua komponen yakni Inverter dan Kipas (Fan) AC.

Dari dua peranglat itu, maka sembilan hal yang perlu diperiksa jika AC Outdoor mengeluarkan suara berisik:


1. Cek baut dudukan AC.

Bisa saja baut longgar dan jika memang ini jadi sumber masalah maka kencangkan baut dudukan AC tersebut.

2. Cek baut body AC.

Body AC juga memiliki beberapa baut. Pastikan baut di body AC tidak longgar yang bisa jadi penyebab AC Outdoor mengeluarkan suara berisik.

3. Penutup kipas outdoor

Pastikan penutup kipas outdoor terpasang dengan sempurna. Pemasangan yang tidak sempurna bisa membuat AC Outdoor mengeluarkan getaran dan suara yang berisik.

4. Pipa kompressor AC yang bersenggelon dengan body AC

Periksa posisi pipa kompressor AC dan pastikan tidak bersenggolan dengan body AC. Biasanya getaran dan suara berisik justru terjadi karena pipa kompressor sedikit menempel dengan body AC. Kompressor normalnya memang mengeluarkan getaran yang juga akan terasa ke pipa. Jika pipa kompresor nempel ke body AC Outdoor otomatis akan menimbulkan suara berisik dan getaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6126 seconds (0.1#10.140)