5 Tanda AC Harus Segera Dibersihkan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 19:07 WIB
loading...
5 Tanda AC Harus Segera Dibersihkan
AC yang kotor jika terus digunakan bisa menyebabkan berbagai penyakit pernapasan dari debu-debu dan kotoran yang berterbangan. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Di tengah suhu yang memanas, air conditioner (AC) menjadi salah satu perangkat elektronik andalan. Meski begitu, penggunaan AC terlalu sering membuatnya lebih cepat kotor dan harus segera dibersihkan.

AC yang kotor jika terus digunakan bisa menyebabkan berbagai penyakit pernapasan dari debu-debu dan kotoran yang berterbangan. Tak cuma itu, AC yang sudah lama tidak dibersihkan juga dapat membuatnya tidak bekerja optimal. Berikut 5 tanda kalau AC harus segera dibersihkan, seperti yang dilansir Passion Air, Sabtu (27/1/2024).

1. Mengeluarkan udara panas bukan dingin


AC yang kotor biasanya membuat suhu udara ruang berubah secara perlahan hingga tidak terasa dingin sama sekali. Lantaran banyaknya debu dan kotoran yang menumpuk sehingga menutup ventilasi untuk mengeluarkan angin sejuk. Jika tidak segera dibersihkan, AC akan menjadi rusak total dan tidak bisa digunakan kembali.


2. Mengeluarkan bunyi cukup kencang


Jika AC mengeluarkan bunyi tidak biasa , maka sebaiknya segera panggil teknisi untuk mengeceknya. Bunyi dari AC biasanya disebabkan karena ada kipas, baut, atau panel yang kendor. Selain itu, kipas menjadi tidak seimbang karena debu yang terkumpul di dalamnya.

3. Keluar bau kurang sedap


Hal ini dapat terjadi jika saluran pembuangan AC tersumbat, sehingga memicu pertumbuhan jamur dan lumut. Kedua hal tersebut dapat menimbulkan bau apek yang kurang sedap. Munculnya bau dari AC kemungkinan juga ada hewan yang tersangkut sehingga membusuk dan mengeluarkan bau.


4. Muncul jamur atau kotoran dari ventilasi luar


Salah satu tanda yang bisa dilihat langsung oleh mata, yaitu munculnya jamur atau kotoran dari ventilasi AC. Saat kotoran sudah terlihat dari ventilasi luar, maka ini artinya bagian dalam AC jauh lebih banyak kotoran dan debu yang menempel.

5. Sudah lebih dari setahun dibersihkan


Apabila sudah lupa kapan terakhir kali membersihkan AC, maka sebaiknya segera bersihkan. Apalagi jika tidak pernah membersihkan AC selama setahun terakhir. AC yang lama tidak dibersihkan bukan hanya berbahaya bagi pernapasan, melainkan juga ke kualitas barang tersebut. Selain itu, kemungkinan freon yang ada dalam AC itu pun sudah habis dan harus segera diganti.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)