Komparasi Chatbot Paling Panas, Unggul Mana ChatGPT vs Grok Buatan Elon Musk?

Senin, 06 November 2023 - 19:40 WIB
loading...
Komparasi Chatbot Paling Panas, Unggul Mana ChatGPT vs Grok Buatan Elon Musk?
Elon Musk membuat bisnis percakapan robot atau chatbot berbasis AI memanas dengan menghadirkan Grok melalui perusahaan terbaru miliknya, xAI. Foto/ZeeNews
A A A
SAN FRANSISCO - Elon Musk membuat bisnis percakapan robot atau chatbot berbasis AI memanas. Kali ini dia menghadirkan Grok melalui perusahaan terbaru miliknya, xAI.

Hadirnya Grok tentu membuat masyarakat memiliki banyak pilihan dalam menentukan chatbot yang paling tepat. Lalu seperti apa sih perbandingan antara ChatGPT yang dibuat oleh OpenAI dengan Grok dari xAI. Berikut ini beberapa informasi yang disarikan dari situs ZeeNews, Senin (6/11/2023).

1. Pemanfaatan Data

Grok disebut oleh Elon Musk merupakan pengembangan dari konsep chatbot bernama Grok-1. Chatbot tersebut diyakini memaksimalkan data sebanyak 33 miliar parameter.



Di sisi lain ChatGPT yang dibuat oleh OpenAi telah memaksimalkan data sebanyak 70 miliar parameter. Ini wajar karena ChatGPT hadir lebih dulu dibanding Grok.

2. Sumber Data

ChatGPT dibangun oleh OpenAI dan telah dilatih pada kumpulan data yang besar dan beragam, termasuk Common Crawl, teks web, buku, dan Wikipedia.

Di sisi lain, Grok justru menyerap berbagai informasi pengetahuan dunia secara real-time melalui platform X. Prosesnya masih terus berjalan karena baru mdilatih selama dua bulan.

3. Ketersediaan di Pasar

ChatGPT sudah diakses secara umum oleh masyarakat sejak November 2023 lalu. Bahkan saat ini sudah tersedia ChatGPT-4 dengan kemampuan yang jauh lebih baik.



Grok di sisi lain masih dalam proyek pengembangan jadi hanya bisa diakses secara terbatas untuk masyarakat di Amerika Serikat. Grok diperkirakan akan jadi fitur tambahan pada pengguna sosial media X dengan layanan premium.

4. Harga

ChatGPT bisa diakses oleh semua orang dengan dua cara. Gratis dengan untuk ChatGPT versi Basic dengan layanan yang terbatas. Premium dengan harga USD20 atau sekitar Rp309.000-an per bulan.

Grok nantinya akan diberikan kepada pengguna X premium dengan biaya tambahan USD16 atau sekitar Rp247.000-an per bulan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2980 seconds (0.1#10.140)