Sempat Salah Blokir, Ini 5 Alternatif Google Docs

Selasa, 26 September 2023 - 07:48 WIB
loading...
Sempat Salah Blokir, Ini 5 Alternatif Google Docs
Google Docs memang sudah bisa digunakan kembali, tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui alternatif lainnya. Foto: Google
A A A
JAKARTA - Google Docs sempat tidak bisa diakses akhir pekan lalu. Dugaannya, diblokir secara tidak sengaja oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Ini jelas menjengkelkan bagi para pengguna.

Tapi, jangan khawatir karena dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, ada beberapa layanan alternatif yang bisa digunakan. Mereka dapat menggantikan Google Docs sebagai layanan dokumen berbasis online.

Lantas apa saja itu? Tanpa berlama-lama lagi, berikut daftarnya:

1. Microsoft Office Online

Di urutan pertama ada Microsoft Office Online yang menyediakan semua fitur dokumen dasar. Fungsi-fungsinya sangat mirip dengan Microsoft Office versi desktop sehingga akan mudah digunakan.

Di aplikasi ini juga tersedia OneNote dengan aplikasi pencatatan lengkap. Selain itu ada juga fitur untuk menyimpan dokumen Microsoft OneDrive yang mirip dengan fitur simpan dokumen di Google Drive.

2. Lark Suite

Selanjutnya ada Lark Suite. Aplikasi yang satu ini menawarkan fitur lengkap untuk memudahkan pengelolaan bisnis, dan juga mendukung sistem work from home yang bisa diandalkan.

Lark juga menyediakan banyak cloud storage. Tak hanya itu, ada juga fitur berupa call conferencing dan video conferencing, messenger, pembuatan dokumen, dan fitur-fitur penopang produktivitas lainnya.

3. OnlyOffice

OnlyOffice menawarkan semua alat pengeditan yang rata-rata yang ditawarkan Google Documents mulai dari membuat Dokumen, Spreadsheet, dan Presentasi. Antarmuka aplikasi ini mirip dengan Microsoft Office Online.

Di OnlyOffice, pengguna bisa menghubungkan Google Drive, DropBox, OneDrive, Box dan OwnCloud. Pengguna juga dimungkinkan memindahkan, menghapus, dan berbagi dokumen.

4. Zoho Docs

Selain tiga aplikasi di atas ada aplikasi Zoho Docs. Ini adalah alat pengeditan dokumen online dengan beberapa fitur manajemen proyek dasar seperti pengingat, laporan pengguna, dan chat dalam aplikasi.

Zoho Docs memungkinkan pengguna membuat dokumen, spreadsheet, atau presentasi. Dan yang tak kalah menarik adalah sudah terintegrasi dengan Zoho Office Suite sehingga pengguna bisa lebih produktif.


5. Apache OpenOffice

Apache OpenOffice adalah alat kolaborasi sumber terbuka yang memungkinkan pengguna membuat dokumen, ilustrasi 3D, persamaan matematika, dan banyak lagi.

Aplikasi Office memiliki fitur pengeditan canggih yang mengoreksi otomatis, melengkapi otomatis, dan memeriksa ejaan untuk menemukan kesalahandengancepat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5107 seconds (0.1#10.140)