Google Buat Rute Terbang Ramah Lingkungan buat Pilot Pesawat Komersial

Kamis, 10 Agustus 2023 - 06:26 WIB
loading...
A A A
Di situlah peta raksasa buatan Google dan Breakthrough Energy bekerja. Untuk membuat peta itu mereka mengunakan puluhan ribu citra satelit untuk menemukan dan memberi label berbagai jejak kondensasi yang sudah terjadi.

Mereka menggunakan data tersebut untuk membuat model tiga dimensi dalam mendeteksi jejak kondensasi. Setelah menambahkan lebih banyak data cuaca dan penerbangan, para peneliti akhirnya memiliki model untuk memprediksi kapan dan di mana jejak kondensasi dapat terbentuk.

Saarr ini peta tersebut sudah diuji coba oleh American Airlines dalam 70 penerbangan yang mereka lakukan selama enam bulan belakangan ini. Hasilnya sangat menarik karena para pilot penerbangan tidak perlu mengubah rute penerbangan mereka.

Mereka tinggal mengatur ketinggian pesawat agar tidak meninggalkan jejak kondensasi. “Sangat-sangat mudah dan intuitif. Kita kerap mengubah ketinggian pesawat saat terjadi turbulensi. Dan ini kurang lebih sama,” ujar Debora Hecker, Director of Flight Operations American Airlines.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3558 seconds (0.1#10.140)