Google Buat Rute Terbang Ramah Lingkungan buat Pilot Pesawat Komersial

Kamis, 10 Agustus 2023 - 06:26 WIB
loading...
Google Buat Rute Terbang Ramah Lingkungan buat Pilot Pesawat Komersial
Google akan segera membuat rute terbang ramah lingkungan buat pilot pesawat komersial. Foto/The Guardian
A A A
MENLO PARK - Google akan segera membuat rute terbang ramah lingkungan buat pilot pesawat komersial. Tapi jangan salah, ini tidak seperti Google Maps yang digunakan masyarakat banyak.

Rute terbang tersebut seperti sebuah peta berukuran besar yang dapat setiap saat dilihat oleh pilot pesawat terbang komersial. Lewat peta itu diharapkan para pilot bisa mengurangi jejak kondensasi yang kerap merugikan lingkungan.

“Ini seperti peta raksasa yang menunjukkan agar pilot tidak terbang dalam ketinggian tertentu agar tidak meninggalkan jejak kondensasi. Jadi jangan terbangkan pesawat di tempat itu," ujar Scott Geraedts, Google Software Engineer, dikutip The Verge, Kamis (10/8/2023) ini.



Untuk membuat peta raksasa tersebut Google sendiri melakukan kerja sama dengan beberapa pihak di antaranya maskapai penerbangan American Airlines dan Breakthrough Energy yang dimiliki salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates.

Disebutkan The Verge, jejak kondensasi merupakan masalah besar bagi Bumi. Jejak kondensasi sendiri menghasilkan awan buatan. Hal itu terjadi karena uap air mengembun di sekitar jelaga atau partikel lain yang dilepaskan oleh pesawat.

Diperkirakan sekitar 35% dari dampak pemanasan global terjadi karena penggunaan pesawat terbang yang sangat tinggi. Sebab, awan buatan itu memerangkap panas yang kluar dsri Bumi.

Di saat bersama jejak kondensasi justry memantulkan sebagian sinar matahari kembali ke luar angkasa. Hal itu semakin parah di malam hari karena tidak ada sinar matahari yang dipantulkan kembali ke luar angkasa.



Untuk menghentikan pembentukan jejak kondensasi, pesawat dapat mencoba terbang di tempat yang kelembabannya lebih sedikit. Jadi pilot hanya perlu bisa melihat di mana kelembapan itu untuk menghindarinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)