Elon Musk Klaim Pengguna X (Twitter) Mencapai Angka Tertinggi Baru

Sabtu, 29 Juli 2023 - 07:29 WIB
loading...
Elon Musk Klaim Pengguna X (Twitter) Mencapai Angka Tertinggi Baru
Elon Musk mengungkapkan bahwa angka pengguna media sosial X, sebelumnya Twitter, secara bulanan mencapai angka tertinggi baru, sekitar 540 juta. Foto/Reuters/Yahoo
A A A
SAN FRANSISCO - Elon Musk mengungkapkan bahwa angka pengguna media sosial X, sebelumnya Twitter, secara bulanan mencapai angka tertinggi baru, sekitar 540 juta. Sebelum dibeli Elon Musk pada Oktober 2022, Twitter memiliki 229 juta pengguna aktif bulanan pada Mei 2022.

Elon Musk memposting grafik peningkatan pengguna bulanan pada hari Jumat 28 Juli 2023. “X memiliki 541.562.214 pengguna bulanan pada bulan Juli. Ini setelah penghapusan sejumlah besar bot,” tulisnya dalam utas akun X miliknya dikutip SINDOnws dari laman Nypost, Sabtu (29/7/2023).

Sebelumnya Twitter memiliki 229 juta pengguna aktif bulanan pada Mei 2022, menurut pernyataan sebelum pembelian perusahaan oleh Musk pada Oktober sebesar USD44 miliar. Musk memposting pada bulan November bahwa X memiliki 259,4 juta pengguna aktif harian.



Sejak mengambil alih, Musk dengan cepat bergerak melalui sejumlah perubahan produk dan organisasi. Perusahaan meluncurkan centang biru terverifikasi sebagai layanan berbayar dan telah mulai berbagi potongan penjualan iklan dengan pembuat konten terpilih di platform.

Pada bulan Mei, Musk menunjuk mantan kepala periklanan NBCUniversal Linda Yaccarino sebagai CEO X. Ini menandakan bahwa penjualan iklan adalah prioritas bahkan ketika platform berusaha meningkatkan pendapatan dari langganan.
Elon Musk Klaim Pengguna X (Twitter) Mencapai Angka Tertinggi Baru


Persoalan tentang bot adalah masalah utama sebelum Musk membeli Twitter. Pemilik sebelumnya menggunakan metrik berbeda, pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi, untuk mengukur jumlah pengguna.

Dalam keterangan publik terakhirnya musim semi lalu, Twitter melaporkan memiliki 237,8 juta pengguna MDA. Elon Musk telah mengklaim bahwa sebanyak 20% dari itu adalah bot.



Elon Musk bangga mengumumkan rekor tertinggi pengguna bulanan X, sebab laporan perusahaan data Similarweb awal bulan ini menunjukkan lalu lintas Twitter turun sekitar 11% setelah Mark Zuckerberg meluncurkan Threads pada 5 Juli. Lebih dari 100 juta pengguna mengunduh aplikasi yang terhubung ke Instagram dalam minggu setelah peluncuran yang dipublikasikan secara luas.

Namun, aplikasi "Twitter-killer" yang diklaim CEO Meta telah mengalami penurunan penggunaan lebih dari setengahnya karena kurangnya fitur. Zuckerberg mengatakan dia menganggap drop-off "normal" dan retensi diharapkan tumbuh karena perusahaan menambahkan lebih banyak fitur ke aplikasi, termasuk versi desktop dan fungsi pencarian.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)