Ogah Diremehkan China Terus, AS Siap Batasi Ekspor Chip Canggih

Rabu, 05 Juli 2023 - 17:37 WIB
loading...
A A A
AS juga telah mendorong negara-negara sekutu dan mitra untuk memberlakukan pembatasan terhadap industri teknologi China, dengan Belanda berencana memperkenalkan pembatasan ekspor baru yang ditujukan kepada China pada akhir tahun ini.

China telah menuduh AS berusaha untuk menghambat inovasi China guna menjaga supremasi AS di industri teknologi.

Badan pengawas internet China pun menyatakan mereka tengah melakukan peninjauan pada produk Micron yang dijual di negara tersebut untuk "menjaga keamanan rantai pasokan infrastruktur informasi."

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiogkok, Mao Ning menjelaskan pada peninjauan yang dilakukan merupakan "tindakan regulasi normal" berfokus pada produk yang dapat memengaruhi keamanan nasional.

Perusahaan yang berbasis di Boise, Idaho, Micron Technology telah menciptakan chip memori untuk ponsel, komputer, pusat data, mobil, dan barang elektronik lainnya.

Pada perusahaan tersebut mempunyai hubungan yang sejak lama terjalin dengan Tiongkok serta menjadi lambang posisi terdepan Amerika dalam industri semikonduktor global. Namun kini, Micron terjerat dalam upaya China untuk menjadi mandiri dalam teknologi canggih.

Sementara itu, salah seorang anggota Partai Republik dari Idaho, Jim Risch justru mengkritik terkait investigasi Tiongkok terhadap Micron, dengan menyebutnya sebagai upaya untuk melemahkan posisi AS dalam industri semikonduktor.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)