5 Cara Atasi Laptop Tidak Overheat Agar Baterai Awet

Selasa, 04 Juli 2023 - 09:06 WIB
loading...
A A A
Di dalam perangkat SSD, sudah terdapat chip dengan memori berbahan silikon sebagai alat penyimpanan untuk menulis serta membaca data persisten sehingga tidak sepanas menggunakan hard disk mekanik.

Untuk Anda yang memiliki budget lebih, bisa mengganti hard disk mekanik dengan SSD agar performa pendingin laptop bekerja lebih baik.

4. Membasmi virus dan malware

Agar laptop Anda tidak sampai overheat, Anda bisa membersihkan virus dan malware yang ada di dalam komponen. Jika laptop Anda terserang virus atau malware, laptop akan bekerja terus menerus hingga menguras memori dan CPU. Hal inilah yang menyebabkan suhu laptop meningkat.

Virus atau malware biasanya hinggap di dalam program aplikasi bajakan. Oleh sebab itu, waspada akan program yang Anda unduh dengan menggunakan antivirus agar bisa mendeteksi keberadaan virus atau malware di dalamnya.

5. Letakkan pada permukaan datar
5 Cara Atasi Laptop Tidak Overheat Agar Baterai Awet

Suhu laptop tinggi umumnya disebabkan karena sirkulasi udara di dalam komponen laptop Anda tidak berjalan dengan baik sehingga tidak dapat mengalir keluar.

Pengguna laptop sering kali meletakkan laptop bukan di permukaan datar dan keras seperti di atas kasur atau sofa. Jika laptop diletakkan pada tempat tersebut, jalan keluar udara dari dalam komponen terhalang.



Perlu diperhatikan, jika Anda terus menerus meletakkan laptop di kasur atau sofa, maka suhu laptop akan semakin tinggi dan menjadi overheat.

Oleh sebab itu, saat menggunakan laptop disarankan untuk meletakkan laptop Anda di permukaan datar dan keras, seperti meja atau lantai. Jika Anda ingin meletakkan di kasur atau sofa, pastikan laptop dialasi permukaan datar dan kaku agar jalan keluar udara tidakterhalang.

MG/Shavna Dewati Setiawan
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)