Bidik Ekosistem Smart City yang Terintegrasi dengan Terobosan Teknologi

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:36 WIB
loading...
Bidik Ekosistem Smart City yang Terintegrasi dengan  Terobosan Teknologi
Smart City membutuhkan dan memproses data dalam berbagai bentuk dalam jumlah yang sangat besar atau big data. FOTO/ TC
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki cita-cita untuk mewujudkan 50 smart city di tahun 2023 ini. Tak heran kalau saat ini pemerintah terus mewujudkan berbagai teknologi untuk mendukung konsep kota cerdas di berbagai kota.

Konsep smart city ini bukan konsep baru, banyak kota dan negara di dunia sudah mengusung konsep ini semenjak lama, termasuk Singapura dan Oslo di Norwegia.



Di balik teknologi terkini untuk mendukung terwujudnya konsep kota cerdas ini, ada beberapa teknologi penting yang harus ada di Smart City.

Presiden Direktur PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk, David Santoso mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membidik potensi perluasan produk dan memperkuat ekosistem smart city yang terintegrasi.

"Perseroan akan terus mendorong perbaikan kualitas produk dengan membangun potensi diversifikasi produk serta layanan untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan menguntungkan secara jangka panjang," kata David Santoso saat menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPTS) 2023 pada Rabu (21/6/2023).

Kecepatan dan ukuran data yang besar inilah yang membuat smart city membutuhkan AI untuk membangun dan mengembangkan kota cerdas. Mulai dari menganalisa dan memprediksi data-data yang telah dikumpulkan di open data portals dan flash storage.

Selanjutnya, data-data ini akan menghasilkan insight berguna untuk berbagai aspek smart city seperti infrastruktur agar perencanaan kota lebih mudah, pengelolaan keuangan kota, hingga memberikan dampak positif bagi lingkungan memlaui pengelolaan energi dan lalu lintas yang lebih baik.

Konektivitas merupakan komponen yang sangat diperlukan untuk penerapan smart city, dimana konektivitas IoT bisa memberikan solusi untuk smart enterprise di berbagai platform.

Mengutip Earth.org, dengan IoT, pemerintah kota bisa mengumpulkan data melalui sensor, perangkat yang terhubung, dan jaringan cerdas untuk menganalisis data serta memperoleh informasi berharga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)