Wujudkan Smart City, Indonesia-China Gelar Pameran Teknologi

Senin, 22 Mei 2023 - 18:53 WIB
loading...
Wujudkan Smart City, Indonesia-China Gelar Pameran Teknologi
Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 digelar pada Rabu (24/5/2023) besok di Hotel Shangri-La, Jakarta. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Indonesia -China Smart City Technology & Investment Expo 2023 digelar pada Rabu (24/5/2023) besok di Hotel Shangri-La, Jakarta. Pameran teknologi terbesar yang berlangsung selama tiga hari itu bertujuan untuk mewujudkan kota cerdas atau smart city di Tanah Air.

Kota cerdas atau smart city merupakan pengembangan kota berbasiskan teknologi informasi. Beberapa kota di Indonesia telah mengadopsi dan menerapkan konsep tersebut.

Untuk mencapai sebutan smart city, kota harus memiliki beberapa indikator, di antaranya, smart development planning, smart green open space, smart transportation, smart waste management, smart water management, smart building, dan smart energy. Indikator ini merupakan inovasi dari konsep green city yang digabungkan dengan penggunaan sistem teknologi informasi dan komunikasi pintar. Nantinya indikator ini akan berguna sebagai target perkembangan kota cerdas, termasuk di Indonesia.



Ketua Panitia Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023, Mayjen TNI (Purn) Ben Yura Rimba, mengatakan dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk mengimplementasi 100 smart city di Indonesia, membutuhkan upaya inovatif dalam membangun dan mengembangkan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai permasalahan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan komunitas lokal menuju Kota Cerdas di Indonesia.

Untuk itu, event Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 sebagai salah satu upaya untuk mengakselerasi program Pemerintah Indonesia membangun Kota Cerdas dan IKN. Seperti diketahui bersama, Pemerintah Indonesia melalui beberapa kementerian/lembaga, saat ini sedang menginisiasi pelaksanaan Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas dan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)

“Melalui event ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengembangan Kota Cerdas dan IKN bagi para stakeholder pembangunan Smart City untuk berinvestasi di Tanah Air dan membuka peluang bagi para pelaku industri lokal terkait di pasar internasional,” kata Ben, Senin (22/5/2023).

Ben menuturkan, Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023, yang untuk kali pertama digelar akan menghadirkan berbagai kegiatan, antara lain Exhibition and Live Demo, Seminar, Awarding, Investment ServicesdanSolution Matching Forum.

“Nantinya, event ini akan menjadi kalender rutin setiap tahun atau dua tahun sekali. Tentunya, acara ini juga diharapkan dapat menjadi ajang pameran mengenai perkembangan dan inovasi terkini proyek Smart City di tingkat nasional,” ujarnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)