4 Manfaat Mengecek Keturunan Secara Online yang Perlu Diketahui

Kamis, 08 Juni 2023 - 17:28 WIB
loading...
4 Manfaat Mengecek Keturunan Secara Online yang Perlu Diketahui
Mengecek keturunan secara online ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Kecanggihan teknologi membuat Anda bisa mengecek keturunan online. Di luar negeri, hal ini jadi tren baru yang menarik. Sebab, ada cukup banyak aplikasi/platform untuk melakukannya.

Salah satu situs terpopuler untuk mengecek keturunan online adalah Family Search. Hal ini bisa dilakukan gratis, meski ada juga figur berbayar. Anda hanya perlu masuk ke alamat familysearch.org/id/. Lalu, masukkan nama depan dan belakang, isi data lainnya, dan nantinya situs tersebut akan memberikan hasilnya.

Tentu saja, hasilnya tidak sempurna. Sebab, hasil pencarian baru akan akurat jika data tentang keturunan sudah dimuat ke database. Tapi, tetap jadi sesuatu yang menarik untuk dicoba.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat untuk mengecek keturunan secara online:

1. Membangun Identitas dan Warisan Keluarga

Mengecek keturunan online memungkinkan Anda mengenal lebih dalam tentang sejarah dan asal-usul keluarga Anda. Ini membantu membangun identitas keluarga dan memperkuat ikatan antara anggota keluarga yang lebih luas.

Anda dapat menemukan cerita-cerita menarik tentang nenek moyang, menggali akar budaya keluarga, dan mempelajari tradisi-tradisi yang terwariskan dari generasi ke generasi.

2. Menjalin Hubungan Keluarga

Mengecek keturunan online dapat membantu Anda menemukan kerabat yang mungkin tidak Anda kenal sebelumnya. Termasuk, menghubungi kerabat jauh dan memperluas jaringan hubungan keluarga.

3. Mengungkap Informasi Genetik dan Kesehatan

Dengan mengecek keturunan online, Anda dapat mempelajari informasi tentang riwayat kesehatan keluarga. Ini dapat membantu Anda memahami risiko genetik tertentu yang mungkin ada dalam keluarga Anda dan memberikan wawasan yang berharga bagi kesehatan Anda sendiri dan anggota keluarga lainnya.

Pengetahuan tentang riwayat penyakit keluarga juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan kesehatan dan langkah-langkah pencegahan yang tepat.


4. Membantu Riset dan Studi Keturunan

Mencari pohon keluarga dapat menjadi sumber data yang berharga bagi mereka yang tertarik dalam melakukan riset tentang sejarah keluarga atau studi keturunan.

Informasi ini dapat digunakan untuk mempelajari pola migrasi keluarga, mengidentifikasi keturunan terkenal, atau menjalankan studi demografi yang lebih luas. Pohon keluarga juga bisa menjadi bahan penelitian yang menarik dalam bidanggenealogi.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)