YouTube Akan Hapus Fitur Stories Mulai 26 Juni Mendatang

Jum'at, 26 Mei 2023 - 15:47 WIB
loading...
YouTube Akan Hapus Fitur Stories Mulai 26 Juni Mendatang
YouTube Stories ini merupakan sebuah fitur yang mirip dengan Instagram Stories. Pertama kali diperkenalkan tahun 2017 dengan nama Reels. FOTO/ Engadget
A A A
CUPERTINO - YouTube akan menghentikan fitur Stories mulai akhir Juni 2023 mendatang. Keputusan ini diambil lantaran minimnya pengguna yang memanfaatkan fitur tersebut sejak resmi diluncurkan 6 tahun yang lalu.



YouTube Stories ini merupakan sebuah fitur yang mirip dengan Instagram Stories. Pertama kali diperkenalkan tahun 2017 dengan nama Reels, Stories YouTube hanya tersedia bagi kreator yang jumlah subscriber 10.000 atau lebih.

Melalui Stories, pengguna dapat memposting pembaruan, klip menarik berupa teaser, maupun promosi channel. Sama seperti Instagram, postingan melalui Stories YouTube akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu.

Belum sempat dinikmati pengguna secara luas, fitur ini akan segera dihapus oleh YouTube pada 26 Juni mendatang. Setiap postingan akan kedaluwarsa setelah 7 hari dan tidak bisa digunakan lagi.

Sebagaimana dilansir dari Indian Express, Jumat (26/5/2023), YouTube melihat fitur ini sama sekali tidak populer dan memang jarang dipromosikan. Apalagi sejak Shorts hadir tahun 2020, Stories YouTube sudah mulai terlupakan.

Sebagai pengganti Stories, YouTube mengajak kreator lebih memanfaatkan fitur Komunitas dan Shorts untuk update singkat seputar channel. YouTube mengklaim bahwa Komunitas dan Shorts bisa menjadi alternatif percakapan dengan audiens yang lebih berkualitas.

YouTube menilai bahwa postingan di Komunitas YouTube bisa jadi opsi terbaik untuk pembaruan singkat, promosi konten, atau membuka diskusi dengan penggemar.

Mereka juga mengatakan kebanyakan postingan Komunitas lebih banyak menuai reaksi berupa komentar dan like dari penggun lain, dibandingkan dengan Stories.

YouTube bukan platform yang pertama kali menghapus fitur sejenis Stories. Twitter sebelumnya telah menghentikan Fleet pada 2021 lalu, setahun setelah diperkenalkan kepada publik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)