Dampak Teknologi AI, Neeva Suntik Mati Mesin Pencari Konsumennya

Senin, 22 Mei 2023 - 12:58 WIB
loading...
Dampak Teknologi AI, Neeva Suntik Mati Mesin Pencari Konsumennya
Ilustrasi Neeva. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Neeva mengumumkan akan mematikan mesin pencari konsumennya, mulai 2 Juni 2023. Langkah ini, salah satunya diambil karena kehadiran teknologi Artificial Intelligence (AI).

Dilansir dari The Express Tribune, Neeva dikenal sebagai mesin pencari pribadi dan bebas iklan. Berdasarkan fitur-fiturnya, platform ini disebut sebagai pesaing potensial untuk pencarian Google.

"Salah seorang pendiri perusahaan Ramaswamy dan Vivek Raghunathan meriwayatkan perjuangan mereka dalam membangun mesin pencari terlepas dari semua kompetisi," tulis laman itu, dikutip Senin (22/5/2023).



"Membangun mesin pencari itu sulit. Bahkan lebih sulit dilakukan dengan tim kecil yang terdiri dari 50 orang yang menentang organisasi yang mengakar dengan sumber daya tanpa akhir," kata mereka.

Para pendiri mengakui kompetisi yang ada dan berkata, "Kami telah menemukan, bahwa itu adalah satu hal untuk membangun mesin pencari dan hal yang sama sekali berbeda untuk meyakinkan pengguna reguler tentang perlunya beralih ke pilihan yang lebih baik."



"Alasan utama di balik penutupan adalah peningkatan biaya untuk memperoleh pengguna, lingkungan ekonomi saat ini, dan dampak yang akan datang dari generatif AI dan model bahasa besar (LLM)," jelasnya.

Pelanggan yang dibayar dari Neeva Premium akan mendapatkan pengembalian uang mereka, dan semua data pengguna akan dihapus sebagai bagian dari shutdown.

"Platform sekarang akan fokus pada peluang yang terkait dengan AI dan LLMS," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2716 seconds (0.1#10.140)