Tantang Google Search, Arch Jauh Lebih Simpel

Rabu, 31 Januari 2024 - 15:02 WIB
loading...
Tantang Google Search, Arch Jauh Lebih Simpel
Arc Search, aplikasi iOS baru dari The Browser Company telah dioperasikan pada peramban bernama Arc. (Foto: The Verge)
A A A
JAKARTA - Aplikasi Arc Search mulai menjadi andalan saat membutuhkan bantuan mesin pencari karena lebih simpel dari Google Search .

Sebagian besar orang biasanya akan mencari informasi di Google dengan mengklik beberapa tautan. Tetapi di Arc Search, tinggal mengetik kueri tersebut dan mengetuk tombol "Browse for me" sebagai gantinya.

The Verge melansir Rabu (31/1/2024) Arc Search, aplikasi iOS baru dari The Browser Company telah dioperasikan pada peramban bernama Arc selama beberapa tahun terakhir. Fungsinya menjelajahi web, membaca enam halaman dan mengembalikan sejumlah informasi beberapa detik kemudian.

Pada dasarnya, Arc Search membangun halaman web tentang kueri pencarian. Di sinilah ide besar The Browser Company tentang masa depan peramban web, bahwa peramban, mesin pencari, obrolan kecerdasan buatan, dan situs web bukanlah hal yang berbeda. Mereka semua hanya bagian dari pencari informasi internet, dan lokasinya ada di dalam aplikasi yang sama.



Arc Search menjadi bagian dari pergeseran lebih besar untuk peramban Arc. Sebelumnya, aplikasi seluler perusahaan ini sebagian besar merupakan aplikasi pendamping untuk desktop, cara untuk mengakses tab yang terbuka dan tidak banyak lagi.

Arc mulai diluncurkan kepada pengguna Windows, The Browser Company juga bersiap untuk meluncurkan sistem sinkronisasi lintas platformnya sendiri, yang disebut Arc Anywhere, dan membawa beberapa fitur yang didukung kecerdasan buatan ini ke Arc di platform lain. "Arc Search akan disebut Arc dan akan menjadi satu-satunya aplikasi seluler perusahaan ini," kata CEO The Browser Company Josh Miller.

Fitur "Browse for me" tidak sempurna, tetapi cukup mengesankan. Ketika mencari "Apa yang dilakukan Pete Davidson?" misalnya, muncul informasi umum tentang berita film dan tautan ke halaman Wikipedia-nya serta halaman tag dari beberapa situs berita untuk Pete Davidson.



Seperti banyak alat kecerdasan buatan lainnya, Arc Search tidak hebat dalam menyebutkan sumbernya, tetapi ada bagian "Telusuri Lebih Lanjut" di bagian bawah dengan sejumlah tautan. Sebagian besar tautan itu hal yang sama. "Seperti halaman web "Kekayaan bersih Pete Davidson" yang saya yakin tidak benar, tetapi ada juga informasi yang baik di sini," ujarnya.

Sistem ini telah meningkat banyak dan Miller mengatakan masih banyak ruang bagi Arc Search untuk menjadi lebih pintar. Lantaran model AI yang mendasarinya berasal dari campuran OpenAI dan lainnya.

Arc telah sangat berinvestasi dalam kecerdasan buatan selama beberapa waktu, dan beberapa fitur Arc Max-nya telah menjadi favorit pengguna. Seiring dengan perbaikan seluruh industri alat kecerdasan buatan generatif, demikian juga Arc.

Arc Search sebagai peramban juga sederhana, cepat, dan selalu terbuka pada kotak pencarian kosong, yang terasa tepat di perangkat seluler. Tetapi ini menempatkan The Browser Company di tengah banyak diskusi kecerdasan buatan yang rumit. Apakah Arc Search akan menjadi produk berbayar seiring waktu? Perusahaan belum banyak membagikan rencananya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6136 seconds (0.1#10.140)