Neeva, Mesin Pencari Baru Bebas Iklan Pesaing Google

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 12:06 WIB
loading...
Neeva, Mesin Pencari Baru Bebas Iklan Pesaing Google
Neeva hanya hadir di tiga negara Eropa saja. Antara lain Jerman, Prancis, dan Inggris. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Neeva adalah mesin pencari (search engine) baru. Ya, ditengah dominasi raksasa Google , ternyata tetap masih ada ruang untuk menghadirkan mesin pencari baru.

Tentu saja banyak sekali pertanyaan terhadap Neeva. Apa bedanya dengan Google ? Mengapa pengguna harus memakai Neeva? Seberapa akurat hasilnya?

Menurut Ghacks, Jumat (/10), selain di Amerika Neeva hanya hadir di tiga negara Eropa saja. Antara lain Jerman, Prancis, dan Inggris.

Nah, yang menarik adalah Neeva dirancang untuk bebas iklan. Neeva dikembangkan oleh dua mantan karyawan Google. Dalam pengumumannya mereka menjamin bahwa para pengguna Neeva tidak akan dilacak dan hasil pencariannya tidaklah bias.

Neeva juga disebut punya opsi untuk menyesuaikan pengalaman pencarian, dengan memprioritaskan atau menurunkan situs atau sumber tertentu, atau menautkan ke akun di situs seperti Dropbox, Figma atau Slack, untuk menyertakan file pribadi dalam hasil pencarian.

Neeva sendiri akan tersedia gratis. Perusahaan baru akan mengenakan biaya ketika pengguna beralih ke layanan premium yang memiliki fungsionalitas lebih. Misalnya, duluan mendapat fitur-fitur terbaru, mendapatkan fitur VPN, juga Password Manager.

Saat ini, Neeva Premium hanya ditawarkan di Amerika Serikat. Tetapi mereka juga mengumumkan rencana untuk meluncurkan opsi premium di masa mendatang di Eropa.

Pengguna dari Jerman, Prancis, dan Inggris Raya mendapatkan hasil penelusuran lokal untuk topik penelusuran tertentu, termasuk saham, cuaca, restoran, dan lainnya. Versi antarmuka bahasa Prancis dan Jerman juga tersedia.

Neeva menggunakan cara indeks seperti Bing untuk memberikan hasil pencarian kepada pengguna. Layanan ini mendukung pencarian gambar, video, berita dan peta, serta saran pencarian.

Mesin pencari tersebut juga berjanji hanya menyimpan "informasi dalam jumlah terbatas" tentang penggunanya untuk "membuat produk lebih baik" bagi pengguna individu. Informasi dihapus setelah 90 hari secara.



Masih harus dilihat bagaimana mesin pencari bebas iklan seperti Neeva atau Kagi beroperasi dalam beberapa bulan dan tahun mendatang. Tentu saja ada pasar untuk hasil pencarian yang tidak bias dan bebas iklan, tetapi tidak jelas berapa banyak pengguna Internet yang bersedia membayar untuk itu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)