Mozilla Firefox Siapkan Fitur Pendeteksi Ulasan Palsu, Belanja Online Jadi Makin Nyaman

Kamis, 04 Mei 2023 - 20:44 WIB
loading...
Mozilla Firefox Siapkan Fitur Pendeteksi Ulasan Palsu, Belanja Online Jadi Makin Nyaman
Mozilla Firefox tengah menyiapkan fitur untuk mendeteksi komentar palsu tentang suatu produk yang dijual di market place. Foto/PhoneArena
A A A
WASHINGTON - Mozilla Firefox tengah menyiapkan fitur untuk mendeteksi komentar palsu tentang suatu produk yang dijual di market place. Fitur ini dibuat untuk menekan maraknya ulasan palsu yang dapat mengelabui calon konsumen.

Saat memutuskan apakah akan membeli produk di market place, biasanya konsumen membaca sejumlah ulasan atau reviu produk. Dengan cara ini, konsumen dapat melihat pengalaman orang lain yang sudah membeli terlbih dahulu sebagai pertimbangan.

Namun, menurut laporan terbaru oleh CNBC, dilansir dari PhoneArena, Kamis (4/5/2023), saat ini semakin banyak ulasan palsu yang ditulis dengan menggunakan AI chatbots, seperti ChatGPT yang begitu populer. Tentu saja, beberapa toko online, seperti Amazon mencoba melawan ulasan palsu ini, tetapi masih kesulitan melakukannya.



Untuk mencegah dampak negatif ulasan palsu, Mozilla Firefox menjalin kerja sama dengan perusahaan startup Fakespot. Mozilla Firefox mengatakan bahwa Fakespot akan menyediakan ekstensi browser yang memungkinkan pengguna menemukan ulasan palsu atau tidak dapat dipercaya.

Mereka akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin atau machine learning yang kompleks. Dengan sistem ini nantinya Fakespot dapat mendeteksi pola dan kesamaan ulasan secara keseluruhan. Pada akhirnya ulasan yang menipu bisa diidentifikasi.

Sistem akan memberikan penilaian pada ulasan terkait, mulai dari nilai A hingga F. Nilai A menunjukkan ulasan dapat dipercaya, sementara untuk nilai F berarti komentarnya kemungkinan palsu dan tidak dapat dipercaya.

Mozilla Firefox juga menyatakan bahwa ekstensi Fakespot dapat digunakan pada web browser utama maupun di perangkat seluler. Mozilla pun akan terus meningkatkan kemampuan ekstensi ini.



Integrasi Fakespot di masa mendatang hanya akan tersedia untuk browser Firefox. Tidak diketahui secara persis kapan tanggal peluncuran fungsionalitas Fakespot ke Firefox. Namun perusahaan menyebut akan mengahadirkannya secara bertahap.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)