Pakai AI, Kreator Konten Lokal Sulap Ariana Grande dan Jungkook Lihai Nyanyi Lagu Indonesia

Minggu, 30 April 2023 - 11:56 WIB
loading...
A A A
Diduga Octavianus menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) agar kedua penyanyi asing itu lihai dalam menyanyikan lagu-lagu Indonesia. Saat ini hampir semua bidang memang mendapatkan sentuhan kecerdasan buatan termasuk dunia seni tarik suara.

Baru-baru ini penyanyi Drake dan The Weeknd direpotkan dengan sebuah lagu berjudul Heart on My Sleeve yang sudah didengarkan lebih dari 250.000 kali di Spotify.

Bahkan jumlahnya meningkat berlipat-lipat di TikTok. Tercatat ada lebih dari 10 juta kali lagu tersebut disiarkan di TikTok.



Pakai AI, Kreator Konten Lokal Sulap Ariana Grande dan Jungkook Lihai Nyanyi Lagu Indonesia


Masalahnya adalah lagu tersebut sama sekali tidak dinyanyikan oleh Drake dan The Weeknd. "Seorang musisi dengan nama akun "ghostwriter" membuat lagu itu dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan," terang Tech Crunch.

Pelaku pembuat lagu palsu itu ternyata menggunakan contoh-contoh lagu rap yang ada di Soundcloud dan kemudian memadukannya dengan suara Drake dan The Weekend melalui kecerdasan buatan.

Saat ini memang sudah banyak beredar aplikasi kecerdasan buatan yang berhubungan dengan seni musik. Hanya saja belum diketahui secara pasti bagaimana Octavianus bisa menyulap Ariana Grande dan Jungkook lihai menyanyikan lagu-lagu Indonesia.

Hanya saja diduga Octavianus memanfaatkan aplikasi Uberduck saat berkreasi. Aplikasi kecerdasan buatan karya Zach Wener itu memang bisa mengalihsuarakan atau voiceover penyanyi luar dengan lagu-lagu lain.

"Uberduck AI memiliki kemampuan untuk menghasilkan musik, lirik, dan efek video baru, yang mengubah permainan untuk komposer dan pembuat film. Kreator tidak lagi dibatasi oleh ide dan keterampilan mereka sendiri, karena kini mereka dapat mengandalkan AI Uberduck untuk meningkatkan karya mereka ke level berikutnya," tulis Uberduck di situs resmi mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2633 seconds (0.1#10.140)