Tanda Centang Biru Gratisan Dihapus, Twitter Tak Mau Ada Akun Palsu

Jum'at, 21 April 2023 - 18:56 WIB
loading...
Tanda Centang Biru Gratisan Dihapus, Twitter Tak Mau Ada Akun Palsu
Twitter hapus akun bercentang biru gratisan. FOTO/ TV
A A A
MENLO PARK - Twitter menghapus tanda centang biru pada akun lama yang terverifikasi. Ini sebagai warisan terakhir Twitter dari masa sebelum era Elon Musk.



Melihat secara historis, tanda akun centang biru itu sebelumnya digunakan untuk memastikan konten-konten yang disebarkan melalui media sosial itu merupakan karya asli dari individu atau organisasi yang bersangkutan.

Dengan kata lain, hal ini dapat mencegah peniruan identitas dan spam.

Centang biru tersebut diperuntukkan jurnalis, selebriti, hingga pejabat publik lainnya secara cuma-cuma alias gratis.

Namun kini, Musk mengubahnya menjadi versi berbayar. Setiap pengguna harus mengeluarkan biaya langganan 8 dollar AS per bulan untuk verifikasi akun Twitter Blue.

Centang biru versi lawas itu sebenarnya sudah berencana dihapus oleh Musk sejak 1 April lalu. Namun tampaknya hal tersebut mengalami penundaan beberapa minggu.

Tanggal 11 April lalu Musk menyatakan akan segera menghapusnya pada 20 April, dan hal itupun benar-benar terjadi kemarin, sebagaimana dilansir dari TechCrunch, Jumat (21/4/2023).

Dengan dihapusnya tanda verifikasi lama, maka Twitter akan segera "bersih-bersih" menggantikannya dengan versi berbayar Twitter Blue. Setiap pengguna harus menyertakan biaya sesuai ketentuan Twitter agar bisa menikmati fitur-fitur dari Twitter Blue.

Apabila tanda centang biru diklik, akan muncul tampilan tulisan "Akun ini diverifikasi karena mereka berlangganan Twitter Blue dan memverifikasi nomor telepon mereka".

Meski begitu, hal ini kemungkinan akan dilakukan secara bertahap. Beberapa akun masih ada yang terdapat centang biru, sementara yang lainnya sudah resmi terhapus.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)